Aduh, Air PDAM Sinjai Seperti Garam

BONEPOS.COM, SINJAI - Masyarakat di Kabupaten Sinjai, terpaksa menikmati air bersih rasa garam. Lantaran, tanggul Sungai Tangka tempat pendistribusian air pelanggan PDAM Sinjai jebol.

Akibatnya dari hal itu, air bersih yang didistribusikan ke pelanggan seperti garam. Terasa asin. Pasalnya bercampur dengan air laut.

Warga Sinjai, Aman mengaku sudah hampir satu bulan dirinya terpaksa menggunakan air PDAM rasa asin.

"Mau apa lagi, hanya ini sumber air yang bisa digunakan," keluhnya, Sabtu (2/11/2019).

Sementara itu, Direktur PDAM Sinjai Suratman yang dikonfirmasi berdalih, penyebab air asin yang dirasakan pelanggan disebabkan tanggul penahan air asin dari laut jebol.

"Saya berada di lokasi tanggul bersama karyawan memperbaiki tanggul penahan air Sungai Tangka, dengan menyusun karung yang diisi sirtu yang dijadikan tanggul sementara," ujarnya.

Bendungan ini direncanakan ingin dibangun secara permanen, akan tetapi terjadi kendala pada perizinannya, karena Sungai Tangka tersebut merupakan perbatasan antara Kabupaten Bone dan Kabupaten Sinjai.

"Kondisi seperti ini boleh dikatakan setiap tahun terjadi, memang seperti ini kalau musim kemarau air laut masuk ke tempat penampungan jadi terasa asin," kuncinya. (air/ril)