Puluhan Warga Bone Geruduk Kantor DPRD, Ini Penyebabnya

BONEPOS.COM.BONE - Puluhan warga jalan Andi Pangeran Petta Rani Kelurahan Masumpu, Kecamatan Tanete Riattang hari ini ramai ramai geruduk kantor DPRD Bone, Senin 4 November 2019.

Penyebab kedatangan warga ini yakni untuk menyampaikan aspirasi terkait rencana eksekusi kedua terkait lahan rumah yang mereka tinggali sampa saat ini yang rencana eksekusinya akan dilaksanakan hari rabu mendatang.

Salah seorang warga yang diwawancarai usai menemui anggota DPRD Bone Andi Arman mengatakan bahwa kedatangannya bersama puluhan warga ini untuk menyampaikan aspirasi terkait keresahan warga yang akan digusur.

"ada beberapa aspirasi yang kami sampaikan tadi, yang pertama adalah eksekusi ini ditundah karena bisa saja terjadi korban jiwa karena kenapa warga disana memilih bertahan daripada harus meninggalkan rumah mereka,"Kata Andi Arman

Alasan mereka tidak ingin pergi, lanjut Arman karena mereka tidak tahu mereka mau pergi kemana sementara orang tua mereka lahir disana.

"Yang kedua kami meminta kepada pemerintah daerah atau instansi terkait untuk dilakukan mediasi antara pihak penggugat dan tergugat karena selama ini mediasi belum pernah dilakukan sementara masih ada hubungan dekat antara penggugat dan tergugat," Tambahnya

Lanjut kata dia, didalam lokasi yang rencananya akan di eksekusi itu terdapat 19 rumah diadalamnya, dan eksekusi ini merupakan eksekusi yang menjelang kedua kalinya setelah eksekusi pertama gagal.

Abdul Salam salah satu anggota DPRD Bone yang menerima Aspirasi tersebut mengatakan bahwa apa yang disampaikan oleh warga ini membuat dia prihatin dan merasa empati, namun pihaknya tetap harus mendasar dari aturan yang ada tidak serta merta harus melabrak hukum yang ada.

"Karena ini sifatnya urgent, apalagi tinggal beberapa hari lagi dilakukan eksekusi maka selepas dari sini kami langsung koordinasi dengan pak ketua dan komisi yang terkait yaitu komisi 1," Kata Abdul Salam atau yang lebih akrab disapa Lilo

Lanjut kata dia, keputusannya nanti itu tergantung dari hasil mediasi dan itulah nanti yang akan dijawabkan kepada masyarakat yang tadi membawa aspirasi. (Her/rill)