Tujuan Mulia, Kadiskes Sinjai Panggil Khusus Pengusaha Makanan

BONEPOS.COM, SINJAI - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Sinjai gelar Pelatihan bagi Pengelola makanan di Aula Gedung PKK, Senin (4/11/2019). Gelaran ini diikuti sanitarian dan nutrisionis Puskesmas, Pengelola kantin sekolah, pihak ketiga penyedia makanan di Puskesmas dan Rumah Sakit serta pengelola rumah makan.

Narasumber yang hadir, dua orang dari Politeknik Kesehatan Makassar dan tiga orang dari Instalasi Gizi Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar.

Panitia Pelaksana Asmawati mengatakan, kegiatan ini berlangsung mulai 4 November hingga 6 November mendatang. Tujuannya agar masyarakat terlindungi dari makanan dan minuman yang tidak memenuhi persyaratan, serta meningkatkan pengetahuan pemilik dan pengelola warung makan tentang higienis sanitasi pangan.

"Kegiatan ini dilaksanakan didasari karena belum adanya sarana penyedia makanan baik di rumah makan, kantin, atau pihak ketiga penyedia makanan yang memiki sertifikat layak sanitasi," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Sinjai Andi Suryanto Asapa bilang, pertemuan ini sangat penting dilaksanakan dan merupakan prioritas pemerintah, sebab merupakan salah satu upaya untuk mengurangi angka kesakitan termasuk angka stunting.

Melalui pelatihan ini, para peserta akan diberitahu mengenai cara pengelolaan makanan, alat yang dipakai dan berapa lama makanan tersebut bisa disimpan.

"Kegiatan ini sangat krusial dilaksanakan sebab salah satu penyebab terjadinya stunting adalah akibat mengonsumsi makanan yang tidak sehat atau tidak higienis, karena mungkin saja sudah terpapar dengan zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan. Mereka yang mengikuti pelatihan dan pembinaan ini akan diberikan sertifikat," kuncinya. (ril)