Dorong Milenial Sinjai Peduli Bahaya HIV dan Stunting

BONEPOS.COM, SINJAI - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Sinjai adakan Lomba Pidato temanya 'HIV dan Stunting' di Gedung Pertemuan Lantai 2 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sinjai, Selasa (5/11/2019).

Kegiatan ini dibuka Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai A. Suryanto Asapa dan dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Sinjai A. Sompa dan jajaran Dinas Pendidikan, serta para pengurus IDI Sinjai.

Panitia Pelaksana Indo Sakka menjelaskan, tujuan kegiatan ini adalah agar generasi muda mengetahui dampak penularan HIV serta bagaimana cara mencegah terjadinya stunting.

“Kegiatan ini diikuti 18 peserta SMA/sederajat yang merupakan binaan dari seluruh Puskesmas yang ada di Sinjai," ucap Indo.

Ketua IDI Sinjai Amaluddin berujar, dipilihnya siswa SMA menjadi peserta lomba pidato ini karena mereka adalah generasi muda yang diharapkan dapat mengetahui dan memahami secara luas terkait penyakit HIV dan definisi stunting.

“Kita melihat kedua kasus ini sangat penting diketahui generasi muda sehingga kita berharap siswa selaku generasi milenial ini bisa memberikan informasi kepada masyarakat sekitarnya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sinjai A. Suryanto Asapa mengapresiasi kegiatan yang digagas IDI Sinjai, sebab sesuai dengan kondisi yang ada saat ini terjadi di Sinjai.

“Seperti kita ketahui kasus HIV di Sinjai masih tinggi demikian juga Stunting yang saat ini Sinjai berada diurutan kelima teratas di Sulsel sehingga memang perlu pelibatan anak sekolah agar memahami kedua permasalahan tersebut," kata Suryanto.

Dia berharap para siswa selaku agen perubahan bisa memberikan informasi kepada masyarakat terkait dua permasalahan tersebut sehingga pemahaman yang diperoleh masyarakat tersampaikan secara baik dan merata. (ril)