Pasukan Kodam Hasanuddin Resapi Tugas Penanganan Konflik

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Asisten Operasi (Asops) Kasdam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Renal Aprindo Sinaga memimpin Apel Gelar Latihan Kesiapsiagaan Operasional (LKO) Penanganan Konflik Sosial Tahun 2019 di Lapangan M. Jusuf Makodam, Makassar, Rabu (6/11/2019).

Pangdam dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kolonel Rental, dalam rangka LKO penanganan konflik sosial ini merupakan rangkaian tahapan latihan yaitu memasuki latihan aplikasi di lapangan. Caranya, dengan mengatur pengerahan dan pergerakan pasukan dari pangkalan hingga sasaran sesuai ketepatan waktu yang direncanakan sebelumnya.

"Hal ini untuk memastikan para unsur pimpinan maupun anggota yang terlibat latihan pendahuluan penanganan konflik benar-benar sesuai tugas dan fungsinya dengan berpedoman pada Standard Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku," paparnya dalam rilis yang diterima Bonepos.com.

"Pedomani pada aspek pendekatan secara persuasif dan humanis pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI serta perhatikan faktor keamanan baik personel maupun material," sambungnya.

Sementara itu, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi bilang, kegiatan tersebut merupakan kelanjutan latihan kesiapsiagaan operasional yang sudah dimulai dua hari lalu yaitu tahap perencanaan dan persiapan.

"Nanti akan bergeser ke daerah yang dimungkinkan akan terjadi konflik, yaitu kita asumsikan saat ini di Kabupaten Takalar, sekali lagi ini latihan bukan sebenarnya, dengan harapan suatu hari kita/Kodam ini betul-betul menjaga kondisi keamanan, tentunya bersama kepolisian dan komponen lainya untuk tetap Sulsel khususnya, aman dan damai," ujarnya. (ril)