16 Negara Rumuskan Masalah Sampah di Makassar

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Sebanyak 16 negara ambil bagian dalam International Investment Forum on Waste management 2019. Ajang ini menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan Pemerintah Kota Makassar.

Pihak luar negeri yang hadir berasal dari Jepang, Spanyol, Inggris, Australia. Gelaran ini resmi dibuka Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah.

Melalui forum ini membahas banyak persoalan tentang penanganan sampah yang menjadi permasalahan utama di Kota-kota berkembang.

Dalam sambutannya, Nurdin sangat menyanjung adanya forum ini. Pasalnya, forum ini diharapkan bisa menghasilkan solusi penanganan sampah yang lebih baik.

“Selamat datang para investor, di forum ini kami harap ada kesepakatan yang baik. Untuk membantu salah satu permasalahan besar di kalangan masyarakat ini,” jelas Nurdin.

Sementara itu, Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb berharap hal yang sama. Menurut Iqbal, permasalahan sampah dan limbah menjadi momok menakutkan bagi masyarakat.

Iqbal bilang, pengelolaan limbah tidak hanya pada proses pengurangannya semata, namun bagaimanaa menciptakan sampah atau limbah menjadi nilai yang ekonomis.

“Jadi kita mau limbah-limbah ini bisa berkurang dan bernilai ekonomis. Agar limbah bisa juga masuk dalam kategori berdampak baik bagi Kota Makassar,” tuturnya.

Olehnya itu, Iqbal berharap pertemuan ini bisa menghasilkan sesuatu hal yang menimbulkan dampak positif bagi dunia pengelolaan sampah dan limbah di Kota Makassar. (ril)