Begini Keseruan Siswa di Bone Belajar di Luar Kelas

BONEPOS.COM, BONE - Dalam rangka memperingati Hari Anak Dunia, sekolah helat berbagai aktifitas terkait pelaksanaan sehari belajar di luar kelas.

Pelaksanaan kegiatan di luar kelas tersebut dilakukan serentak pada satuan pendidikan mulai dari tingkat PAUD, TK, SD, MTS/SMP, SMA/MA dan SLB pada Kamis (7/11/2019).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Rosnawati mengatakan, gelaran ini merupakan pelaksanaan sehari belajar di luar kelas.

"Kegiatan anak ini saya apresiasi karena hari ini adalah hak mereka bukan hanya belajar dalam kelas tapi juga hak anak untuk bermain dan bersenang-senang," ucap Rosnawati saat memantau kegiatan peringatan Hari Anak di SMP Negeri 1 Watampone, Kamis (7/11/2019).

Sementara itu Kepala UPT SMP Negeri 1 Watampone Muhammad Arfah berujar, kegiatan ini untuk memberikan kesempatan peserta didik belajar di luar kelas dan merayakan harinya.

"Ini hari istimewa bagi anak untuk bersenang-senang dan ada 17 kegiatan diharapkan dilaksanakan oleh peserta didik," tutur Muhammad Arfah

Adapun jadwal kegiatan sehari belajar di luar kelas yang dilakukan serentak yakni, menyambut siswa dengan 3S (senyum, salam, sapa), menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, cuci tangan sebelum makan, berdoa sebelum makan, sarapan sehat bersama yang disiapkan orang tua.

Kemudian, berdoa bersama setelah makan, cuci tangan setelah makan, memeriksa lingkungan, menyingkirkan tanaman, barang atau hal-hal yang membahayakan siswa, memeriksa lampu, peralatan listrik yang tidak diperlukan dan mematikan keran air yang terbuka, membaca buku di luar kelas.

Selanjutnya simulasi evakuasi bencana dalam lagu dan gerak senam Germas permainan tradisional, tepuk hak anak dan yel-yel sekolah ramah anak deklarasi sekolah ramah anak, pelantikan tim sekolah ramah anak dan penutupan dengan menyanyikan lagu Maju Tak Gentar. (sug/ril)