Layak Dicontoh, BPBD Sinjai Bekali Pelajar Mitigasi Bencana

BONEPOS.COM, SINJAI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai gelar Sosialisasi dan dirangkaikan dengan Simulasi Kebencanaan di UPT SMA Negeri 10 Sinjai, Kamis (7/11/2019).

Kegiatan ini bagian rangkaian kegiatan sehari belajar di luar kelas yang serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia. Merupakan program Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI dalam rangka Hari Anak Dunia.

Salah satu guru SMAN 10 Sinjai, Ramlan menjelaskan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pelatihan yang sifatnya internal sekolah. Menjadi tambahan jam belajar.

"Momennya sudah sangat tepat dengan memanfaatkan waktu dengan mengundang BPDB Sinjai sebagai provider untuk memberikan gambaran umum dan pengetahuan, sehingga output dari kegiatan ini tentu menjadi pembelajaran yang sangat penting dan berharga bagi para siswa dan siswi kami dalam menambah pengetahuan dan kompetensinya khususnya terkait dengan bencana," jelas Ramlan.

Siswa dan siswi sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Terlihat dari saat sesi pembekalan materi sampai simulasi berlangsung. Anak-anak menjiwai penuh kegiatan ini, utamanya yang sudah ditunjuk sebagai pelaku, baik sebagai korban maupun sebagai Tim Siaga Bencana di sekolah.

Sementara itu Kasi Kesiapsiagaan BPBD Sinjai, Syamsul Ahmad bilang, kegiatan seperti ini tentu layak mendapatkan apresiasi, apalagi dengan mengetahui kondisi letak geografis Indonesia yang rawan mengalami gempa bumi.

"Maka masyarakat Sinjai juga harus selalu siap siaga untuk mengantisipasi datangnya bencana alam yang tidak diduga-duga," ujar Ahmad.

Ahmad menambahkan, semua pihak harus saling mengingatkan dan mengedukasi tentang mitigasi bencana alam. "Semua harus dimulai sejak dini, seperti contohnya dibangku pendidikan," pungkasnya. (ril)