Laliako, Wisata Air Terjun Pemikat Hati di Sinjai

BONEPOS.COM, SINJAI - Ada banyak tempat wisata keren di Kabupaten Sinjai. Salah satunya, Laliako. Yah, lokasi ini wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda kala menginjakkan daerah berjuluk Bumi Panrita Kitta.

Di area wisata tersebut, masyarakat bisa menikmati udara bebas sambil menikmati hal-hal seru tentunya. Lokasinya, terletak di Dusun Tonrong, Desa Terasa, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai.

Air terjun Laliako berjarak kurang lebih 60 Km dari ibu kota Kabupaten Sinjai. Untuk mencapai ke lokasi, tidak bakal sulit. Lantaran, wisata ini mulai populer di telinga masyarakat dan di luar Kabupaten Sinjai.

"Itu hasil exploitasi masyarakat dan pemerintah Desa Terasa. Bahkan sudah menjadi program inovasi desa sebagai bagian dari pengembangan desa wisata di Sinjai. Alhamdulillah air terjun Laliako sudah terbuka untuk umum," jelas Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sinjai, A Mandasini, Kamis (7/11/2019).

Khusus Laliako saat ini, telah dilengkapi fasilitas berbagai macam sarana dan prasarana pendukung, seperti gazebo dan tempat bermain.

"Pengelolaannya diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah desa. Merekalah yang mengurus. Pemkab Sinjai dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan hanya sebatas membina bagaimana supaya potensi wisata tersebut bisa berjalan sesuai harapan. Setidaknya nanti mampu mendatangkan pendapatan asli desa," tutur Mandasini.

Saat ini Kabupaten Sinjai memiliki objek wisata air terjun seperti Barambang, Air Terjun Tujuh Tingkat Lembang Saukang, Air Terjun Bikeru, Air Terjun Barania, Kecamatan Sinjai Barat, dan Air Terjun Bulupoddo. (ril)