Waspada, 7 Bahaya Begadang. Salah Satunya Bisa Mati Mendadak

BONEPOS.COM - Tidur merupakan kebutuhan otak dan tubuh manusia. Kurang tidur dapat berpengaruh terhadap kesehatan fisik, mental, hingga mengganggu aktivitas harian. Dengan kurangnya waktu tidur, sederet bahaya begadang mengintai Anda. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Kenaikan berat badan
Seringkali begadang membuat mulut ingin mengunyah. Apa daya, berbagai camilan pun dilahap. Padahal, hal ini jelas tak baik jika dilakukan terus menerus dapat menyebabkan kesehatan yang buruk.

2. Hiperglikemia

Suka Begadang? Ini 7 Bahaya Kesehatan Serius yang Bisa Kamu Alami!

Hiperglikemia atau gula darah yang sangat tinggi sering dikaitkan dengan kondisi kesehatan lain seperti kelelahan dan sakit kepala hingga kondisi yang serius seperti penyakit jantung dan kerusakan ginjal. Sayangnya, sebuah studi yang dilakukan pada 2015 menemukan jika hiperglikemia berkaitan erat dengan orang-orang dengan jadwal malam hari. Jadi, orang yang beraktivitas pada malam hari cenderung memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena gula darah tinggi.

3. Resiko penyakit jantung

Meskipun tidak begadang setiap hari, namun ternyata hal tersebut juga bisa tetap berpengaruh pada kesehatan. Pasalnya, dalam sebuah studi, para peneliti menyebut pola tidur di mana kamu hanya begadang di akhir pekan tersebut sebagai social jet lag.

Dalam studi tersebut, dikatakan jika setiap satu jam waktu tidur yang berkurang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 11 persen. Jadi, masih mau begadang?

4. Sistem kekebalan tubuh menurun

Nasihat untuk beristirahat ketika sakit agar dapat lekas sembuh ternyata merupakan benar adanya lho. Seperti dikutip Mayo Clinic, tidur akan berdampak pada sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh dapat lebih cepat memproduksi imun untuk melawan penyakit. Oleh karenanya, ketika kamu mulai sakit dan tidak bisa tidur nyenyak, hal tersebut justru membuat diri kamu lebih sakit dengan tidak memberi tubuh cukup waktu untuk melawan penyakit atau infeksi.

Dalam sebuah penelitian terbaru yang dipresentasikan pada awal tahun 2017, para peneliti menemukan bahwa orang yang menganggap dirinya burung hantu dan sanggup beraktivitas pada malam hari teridentifikasi mengalami gejala depresi. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan jika orang-orang yang suka begadang dapat menderita diabetes tipe-2.

6. Menurunnya fungsi memori pada otak

Suka Begadang? Ini 7 Bahaya Kesehatan Serius yang Bisa Kamu Alami!

Bagi kalian yang lebih suka melakukan metode belajar SKS (sistem kebut semalam) sebaiknya berhati-hati. Sebab, sebuah laporan tahun 2016 dari Texas A&M menunjukkan bahwa begadang untuk belajar justru dapat menyebabkan efek kurang tidur dan berdampak negatif pada kinerja otak. Salah satu dampaknya adalah menurunnya fungsi memori pada otak sehingga lama kelamaan kamu akan kehilangan kemampuan untuk mengingat.

7. Kanker hati

Akibat sering begadang yang paling buruk adalah terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh, salah satunya organ hati. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Baylor College of Medicine di Texas, Amerika Serikat, mengungkapkan jika gaya hidup yang tidak teratur setiap harinya, termasuk kebiasaan sering begadang sampai larut malam dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis. Salah satu di antaranya adalah berisiko mengakibatkan kanker hati.

Tujuh masalah kesehatan yang dijelaskan di atas pada dasarnya tidak hanya dapat terjadi akibat begadang saja. Oleh karena itu, jika kamu merasa tidak enak secara fisik atau mental sebaiknya segera periksakan langsung ke dokter ya!