Begini Gambaran Rencana Belanja Sinjai Tahun 2020

BONEPOS.COM, SINJAI - Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, menghadiri Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian Ranperda Kabupaten Sinjai tentang Anggaran APBD Tahun Anggaran 2020, yang dirangkaikan dengan Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD, di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Sinjai (9/11/2019)

Ketua DPRD Sinjai, Abdul Haris Umar dalam sambutannya menyampaikan, APBD merupakan dasar Pengelolaan Keuangan Daerah dalam masa satu tahun anggaran.

Olehnya itu, diharapkan agar dalam penyusunan rancangan APBD tahun 2020, mengacu kepada prinsip-prinsip penyusunan APBD sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2019, diantaranya agar penyusunan APBD berdasarkan kebutuhan penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah dan Kemampuan Keuangan Daerah, serta berpedoman kepada RKPD, KUA dan PPAS.

"Maka diharapkan agar program dan kegiatan memberikan informasi yang jelas dan terukur serta memiliki korelasi langsung dengan keluaran yang diharapkan. Selanjutnya terkait dengan Penganggaran Pembiayaan Daerah diharapkan agar penganggaran sisa Iebih perhitungan Anggaran Tahun sebelumnya," papar Haris.

"Harus didasarkan atas perhitungan yang cermat dan rasional dengan mempertimbangkan perkiraan realisasi Tahun Anggaran 2019 dalam rangka menghindari kemungkinan adanya pengeluaran pada Tahun Anggaran 2020 yang tidak dapat didanai akibat tidak tercapainya SlLPA yang direncanakan," sambungnya.

Sementa itu, Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa bilang, acara penyerahan rancangan Peraturan Daerah Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Sinjai merupakan kelanjutan dari rangkaian tahapan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sinjai Tahun Anggaran 2020.

Seto menguraikan, tentang Rencana Belanja Daerah Tahun 2020 sebesar Rp1,33 trilliun lebih yang terdiri dari Belanja Tidak Langsung sebesar Rp661,04 miliar lebih, meningkat sebesar Rp18,11 miliar dari alokasi tahun 2019 yang sebesar Rp642,93 miliar Iebih.

Belanja Langsung direncanakan Rp 671 miliar lebih, mengalami penurunan 4,9 persen dari rencanana tahun 2019 yang sebesar Rp705,58 miliar lebih.

Selanjutnya penyerahan Rencana Peraturan Daerah Kabupaten Sinjai tentang APBD Tahun 2020 oleh Bupati Sinjai Kepada Ketua DPRD Sinjai. (ril)