Generasi Milenial Wajib Perangi Hoax, Begini Cara Ala Anggota DPR ARIP

BONEPOS.COM, BONE - Kemkominfo RI bersama Anggota DPR RI komisi III, A. Rio Idris Padjalangi (ARIP) gelar dialog di Aula Hotel, Watampone, Sabtu (9/11/2019). Tema yang diangkat, "Peran Generasi Milenial dalam Menangkal Hoax di Era Digital".

Hadir sebagai pembicara, Anggota DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi, Staf ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa Bakti Kominfo Gun gun Siswadi, Pemuda Milenial Content Creator Muh Rijal Djamal.

ARIP menuturkan bagaimana menangkal hoax yang cukup menjadi isu dalam perkembangan teknologi ini. Olehnya, peran generasi milenial ini dibutuhkan untuk menyikapi perkembangan hoax yang menjadi fenomena saat ini.

"Kita harus menangkal hoax secara bersama - sama," ujar ARIP.

Menggeliatnya arus teknologi ibarat dua mata pisau, di satu sisi memiliki segi yang positif dan di sisi lain dapat melukai diri. Generasi muda berperan sangat penting dalam perkembangan teknologi dan media sosial.

Hal ini dikarenakan, kehidupan generasi muda yang seakan tidak pernah bisa dilepaskan dari pengaruh media sosial.

Oleh karena itu generasi muda ini sangat potensial untuk dipengaruhi oleh berita hoax. Pada akhir-akhir ini kita sebagai masyarakat Indonesia tidak asing dengan istilah berita “Hoax“.

Lebih jauh, kata ARIP, generasi muda juga dapat membuat semacam Official Account untuk sarana saling berdiskusi dan berdialektika sesama penggiat media sosial. Hal seperti ini perlahan-lahan juga akan memupuk kesadaran para pemuda untuk tahu mana informasi yang benar dan salah.

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menangkal hoax adalah dengan cara membuat semacam meme comic, yang mana hal seperti itu mudah untuk diterima kalangan manapun.

"Meme comic tersebut tentunya harus mengandung konten yang membangun dan positif serta kemudian dapat disebarkan secara luas di media sosial," ucapnya. (ril)