PNS Minta Bantuan Biaya Nikah 200 Juta, Ini Selengkapnya

BONEPOS.COM - Seorang pria berstatus PNS bernama Charli Lumban Batu. menggalang dana untuk untuk rencana pesta pernikahannya yang ditargetkan membutuhkan dana Rp200 juta.

Dari screenshoot yang beredar di Twitter, dana yang terkumpul sudah mencapai Rp 315.202.

Twitter
Twitter ()

Minta Donasi dari Portal

Dilansir dari Okezone Charli menggunakan portal Kitabisa.com untuk donasi. Sayangnya, saat Bonepos.com mengecek portal tersebut, link yang sebelumnya terisi data lengkap penggalang dana, semua telah hilang.

Bahkan, Anda bisa lihat kalau laman donasi tersebut sudah diakhiri oleh si pembuat yang tak lain ialah Charli Lumban Batu. Jumlah donatur untuk penggalangan dana ini sebanyak 20 donatur.

Keterangan pencairan dana ialah untuk biaya tambahan pesta pernikahan.

Bisa dilihat juga di sana kalau pembuat donasi telah mencairkan dana sebanyak Rp295.383. Dana tersebut masuk ke Bank Woori Saudara. Keterangan pencairan dana ialah untuk biaya tambahan pesta pernikahan.

Diserang Netizen

Isu ini mencuat ke media sosial setelah akun Twitter @hendralm membagikan unggahan foto capture dari penggalangan dana ini. Di unggahannya, foto dari calon pengantin masih dipajang, namun saat Bonepos mengecek langsung laman donasi, foto diubah menjadi gambar dinding kosong.

Keterangan terkait donasi pun sudah diubah. Awalnya Charli Lumban Batu berniat menggalang dana.

"Perkenalkan nama saya Charli Lumban Batu. Saya bekerja sebagai PNS. Saya memberanikan diri untuk menggalang dana untuk pernikahan saya sendiri dikarenakan keterbatasan ekonomi dan tidak ingin memberatkan orangtua."

Namun berikutnya keterang itu dihapus dan diganti dengan penjelasan yang berbeda

"Tapi, tak ada salahnya untuk mencoba penggalangan dana ini. Saya berharap kemurahan hati saudara-saudara sekalian dalam membantu saya. Terima kasih :)."

Prank Semata

Di sisi lain, ada netizen yang kemudian menjelaskan kalau ini hanya 'prank' semata. Penjelasan ini disampaikan akun Twitter @utdika yang menganggap dirinya adalah teman Charli.

"Mohon maaf, kak. Itu yang kakak screenshot di Kitabisa itu teman saya. Saya sudah konfirmasi ke orangnya, katanya itu udah lama dan niatnya hanya becanda. Teman saya ini anaknya emang dari dulu suka becanda dan nyeleneh. Seperti yang kakak liat sendiri di Instagram-nya, ya, emang itu dia begitu orangnya. Saya sudah ingatkan dia. Mohon maaf, ya, kak, agar tidak jadi salah persepsi saja," tulisnya.

Mengetahui adanya isu ini, netizen pun murka dengan kelakuan Charli. Banyak dari mereka yang menilai upaya donasi ini tidak sepatutnya dilakukan. Beberapa bahkan menyinggung dengan cara yang sedikit 'nakal'.

. Beberapa bahkan menyinggung dengan cara yang sedikit 'nakal'.

"Bentar lagi ada yang ngemis buat modal ngedate dari Tinder," ucap @sangpisank.

"Mau open donasi juga buat kelangsungan hidup sehari-hari," tulis @koalagemayy.

"Besok ada yang bikin donasi untuk perbesar payudara," komen @Valwinchester.

"Anjay! Aku mau beli Pajero, donasi dong," cuit @tarimaezzz.

"Enak di lo, nggak enak di kita. Lo yang melakukan hubungan badan, kita yang bayarin. Buset!" tegas @umayshiddieq.