HKN Ke-55, Makassar Jadi Daerah Percontohan Nasional

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Prestasi membanggakan kembali ditorehkan Pemerintah Kota Makassar. Kali ini, Pemkot Makassar menyabet penghargaan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia atas kontribusi menyukseskan program nasional Indonesia Sehat.

Pemkot Makassar diganjar penghargaan kategori daerah percontohan nasional penguatan sistem pencatatan kelahiran, kematian, dan penyebab kematian 2019 pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55.

Penghargaan diserahkan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto kepada Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb di Auditorium Siwabessy, Gedung Prof Sujudi, Kemenkes RI, Jalan HR Rasuna Said, Kavling 4-9, Jakarta Selatan, Selasa (12/11/2019).

Pemkot Makassar dinilai memiliki administrasi pencatatan sipil yang terstruktur, memiliki kerja sama yang baik antara Dinas Kesehatan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Kemenkes RI juga menilai Iqbal Suhaeb sebagai kepala daerah dengan komitmen yang tinggi dalam mengembangkan dan mengimplementasikan sistem informasi kehamilan, kelahiran, dan kematian.

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto berbahagia berada di tengah - tengah insan, individu yang penuh inspirasi, inovasi, dan dedikasi yang tinggi dan telah membaktikan dirinya mendukung keberhasilan pembangunan kesehatan.

Anugerah dan penghargaan yang diserahkannya merupakan apresiasi Kemenkes RI atas terobosan, dedikasi, upaya maju, dan sumbangsih dalam mendukung program pembangunan kesehatan.

"Saya harapkan dengan adanya penghargaan seperti ini akan mendorong tumbuhnya sosok individu, pimpinan institusi, pimpinan daerah, mitra kerja maupun dunia usaha yang memiliki kepedulian, kegigihan serta daya juang dalam menyehatkan masyarakat untuk mencapai bangsa Indonesia yang kuat, sehat, dan sejahtera," jelas Menteri Terawan.

Selain Makassar, penghargaan serupa juga diraih Padang Pariaman dan Kudus. (ril)