Sekda Bone Jabarkan Tiga Pilar Kesehatan, Apa Saja Ya

BONEPOS.COM, BONE - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone A Surya Darma bertindak sebagai Inspektur upacara (Irup) peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 di Lapangan Merdeka Watampone, Selasa (12/11/2019).

Tema HKN ke 55 kali ini yakni, "Generasi Sahat Indonesia Unggul".

A. Surya Darma membacakan pidato seragam Menteri Kesehatan RI dr Terawan Agus Putranto

Dalam pidato seragam, Menteri Kesehatan yang dibacakan Sekda Bone disebutkan, jika prioritas pemerintah dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) harus difokuskan pada isu kesehatan yang harus diselesaikan.

"Dua isu kesehatan yang harus diselesaikan terkait membangun SDM yang berkualitas yaitu stunting dan kesehatan Nasional. Serta dua isu kesehatan lain yang juga perlu diatasi adalah tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri," paparnya.

Selain itu, A Surya Darma juga menjabarkan tiga pilar kesehatan yang sejauh ini telah diperjuangkan oleh pemerintah untuk membangun kesehatan. "Tiga pilar tersebut adalah Paradigma Sehat, Penguatan Akses Pelayanan Kesehatan, dan Penyediaan Jaminan Kesehatan Nasional," sambungnya.

Di sela acara tersebut sejumlah Camat, Kepala Desa serta sejumlah pegawai, kepala sekolah diberikan penghargaan terkait dedikasinya di bidang kesehatan.

Diantaranya yang berhasil meraih penghargaan Open Defection Free (ODF) di wilayahnya yaitu 9 kecamatan raih 100 persen dan 6 Kecamatan raih 50 persen, serta 90 desa penerima sertifikat ODF dari 50 persen hingga 100 persen

Penghargaan ODF tersebut merupakan suatu kondisi dimana masyarakatl tidak lagi membuang air besar disembarang tempat. (sug/ril)