Terbukti Bersalah, 2 Penambang Ilegal di Bone Dijebloskan ke Bui

BONEPOS.COM, BONE - Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejaksaan Bone, Erwin Juma menjebloskan 2 pelaku penambang ilegal setelah divonis bersalah Pengadilan Negeri Watampone.

Kedua penambang tersebut diketahui bernama Anwar dan Hasbir, sebelumnya mereka diamankan di Dusun Ceko Desa Lea, Kecamatan Tellu Siattingnge, Kabupaten Bone.

Setelah mengikuti beberapa kali persidangan di Pengadilan Negeri Watampone, kedua pelaku terbukti bersalah dan divonis 5 bulan penjara.

"Kedua Terpidana divonis 5 bulan penjara subsider satu bulan dan denda satu juta rupiah, karena telah melanggar pasal 158 tentang pertambangan," jelas Erwin, Selasa (12/11/2019).

Lanjut kata Erwin, vonis kedua tersangka sudah keluar belum genap sebulan, mereka baru dieksekusi Selasa (12/11/2019), karena salah satu dari pelaku mengaku ada keluarganya yang sakit, maka itu menjadi pertimbangan jaksa.

Selain 2 tersangka yang sudah dieksekusi Kejaksaan Bone, masih ada beberapa kasus yang serupa dan hingga saat ini masih menjalani proses persidangan.

"Masih ada dua lagi, sama-sama kasus tambang ilegal cuma lokasinya beda, saat ini masih proses sidang," ujarnya. (her/ril)