Sabet 10 Medali, Ini Posisi Sulsel di Peparpenas IX

BONEPOS.COM, JAKARTA - Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) ke–IX tahun 2019 di Jakarta, resmi berakhir. Kontingen Sulsel berhasil menyabet 10 medali.

10 medali tersebut, antara lain tiga emas, dua perak, dan lima perunggu.

Pesta olahraga ini ditutup secara resmi Sekretaris Kemenpora (Sesmenpora) RI, Gatot S Dewa Broto, di GOR Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (12/11/2019) malam.

Tiga medali emas Sulsel disumbangkan Sefriani, atlet disabilitas dari cabang olahraga (cabor) catur tuna netra B1 putri dan Yeci Apcel Pakpahan dari catur tuna daksa putri. Emas lainnya diraih Muh Bintang Ramadhan dari renang 100 meter gaya dada tuna rungu putra

Bintang juga berhasil meraih perak di 100 meter gaya bebas, bersama Ummu Kalsum menyabet perak di 100 meter gaya dada tuna daksa.

Selain perak, Ummu Kalsum juga membawa pulang dua perunggu dari nomor 50 meter gaya dada dan gaya bebas. Demikian pula Rezky Nadilah merebut dua perunggu di nomor 50 meter gaya dada dan gaya bebas tuna rungu putri. Perunggu terakhir diperoleh Hajrah dari tenis meja tunggal tuna netra putri.

Hasil tersebut membuat kontingen Sulsel bertengger di posisi 15. Kontingen Jawa Timur menasbihkan diri sebagai juara umum. Usai mengumpulkan medali terbanyak, dengan 20 medali emas, dua perak, dan satu perunggu.

Peringkat kedua ditempati Kontingen Jawa Tengah dengan koleksi 13 emas, 10 perak, dan tiga perunggu, diikuti Kontingen Papua di posisi ketiga, dengan 11 emas, delapan perak, dan tujuh perunggu. (ril)