Setop Buang Air Besar Sembarangan di Bone!

BONEPOS.COM, BONE - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Bone menargetkan semua Kecamatan di Bumi Arung Palakka mewujudkan wilayahnya sebagai ODF dengan cakupan 100 persen Tahun 2020.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Diskes Bone Eko Nugroho. Menurutnya, program ODF sudah harga mati di Bone.

"Jadi semua warga tidak boleh lagi sembarangan buang air besar," tegas Eko.

Lanjut dijelaskan Eko, keberhasilan masyarakat mewujudkan program ODF di wilayahnya tahun ini jauh labih meningkat dibanding tahun tahun sebelumnya. "Tahun ini cakupan peraih ODF lebih padat dibanding tahun lalu," tuturnya.

Di sela acara tersebut, sejumlah camat, kepala desa serta sejumlah pegawai, kepala sekolah diberikan penghargaan terkait dedikasinya di bidang kesehatan.

Diantaranya yang berhasil meraih penghargaan Open Defecation Free (ODF) di wilayahnya yaitu 9 kecamatan raih 100 persen dan 6 Kecamatan raih 50 persen, serta 90 desa penerima sertifikat ODF dari 50 persen hingga 100 persen

Penghargaan ODF tersebut merupakan suatu kondisi dimana masyarakat tidak lagi buang air besar di sembarang tempat. (sug/ril)