Pra PON Panjat Tebing, Dispora Sulsel: Loloskan Banyak Atlet

BONEPOS.COM, PINRANG - Pra PON XX tahun 2019 resmi bergulir di Kabupaten Pinrang, Jumat (15/11/2019). Gelaran ini dibuka Ketua Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia.

Ajang ini bergulir mulai 15 hingga 20 November, di lapangan Panjat Tebing Cora, Pinrang, Sulawesi Selatan, yang diikuti 14 Provinsi.

Pada Pra PON 2019 yang dilaksanakan di Pinrang masuk dalam zona III, diikuti peserta dari Pulau Sulawesi, Kalimantan, Maluku, dan dan NTB.

Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga, Dispora Provinsi Sulsel, Muhlis mengatakan, pemerintah mengapresiasi kegiatan Pra PON XX tahun 2019 ini. Sebagai ajang prestasi menuju PON di Papua.

"Harapan kami untuk kontingen Sulsel bukan hanya sebatas pelengkap, tetapi dapat menunjukkan prestasi terbaik untuk sebanyak-banyaknya meloloskan atletnya ke PON XX di Papua," tuturnya.

Adapun, Sekum FPTI Sulsel, Ahmad Lubis menjelaskan, kontingen atlet Sulsel yang akan bertanding sudah intens memantapkan persiapannya sebelum turun berlaga.

"Insya Allah Sulsel akan turun full team dan akan turun bertanding di semua kategori. Kuota perkontingen provinsi adalah maksimal 10 putra dan 10 putri," tutur Ahmad.

Ada 14 nomor pertandingan yang akan memperebutkan 30 kuota lolos ke PON XX Papua 2020, yaitu lead, boulder, speed WR, dan combine putra putri. Selanjutnya nomor beregu lead, beregu boulder dan tim Speed relay masing-masing putra-putri. (ril)