Serapan Dana Desa Rendah, Kemendagri Turun Tangan

BONEPOS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerima audiensi Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi Abdul Halim Iskandar di ruang kerjanya, Gedung A Kemendagri, Jakarta, Jumat (15/11/2019).

“Dana Desa memiliki peran besar dalam Program Prioritas Nasional Presiden Jokowi. Nah, pertemuan tadi dalam rangka membahas optimalisasi pemanfaatan dana desa," jelas Tito.

"Kita tahu, masih banyak permasalahan dana desa yang memerlukan sinergi antara kementerian maupun lembaga, dan ini adalah salah satu bentuk kerjasama antar Kemendagri dan Kemendes PDTT untuk optimalisasi dana desa,” sambungnya.

Pembinaan dan pendampingan dana desa juga menjadi salah satu poin dalam pembahasan tersebut. Peningkatan pengelolaan dana desa berbasis IT, menjadi salah satu opsi dalam mengawal optimalisasi dana desa.

“Kami menyimpulkan perlu dilakukan pembinaan dan pendamping dana desa terutama peningkatan pengelolaan dana desa berbasis IT. Nantinya bagi desa yang serapannya rendah maka Kemendes akan melapor ke Kemendagri, agar dilakukan pembinaan,” paparnya. (ril)