Hasil Pra PON Kempo Sulsel; Atlet Bertambah, Nomor Pertandingan Berkurang

BONEPOS.COM, BANJARBARU - Kontingen kempo Sulsel menyelesaikan Pra PON 2019 dengan meloloskan enam atlet ke PON XX Papua Tahun 2020. Empat putra dan dua putri.

Kepastian tersebut diperoleh setelah atlet kempo Sulsel mengikuti Pra PON yang dipusatkan di Banjarbaru. Hasilnya, Sulsel hanya mampu mendulang satu medali emas.

Juara umum disabet kontingen Nusa Tenggara Timur dengan mendulang enam emas, satu perak, dan lima perunggu. Disusul peringkat kedua dan ketiga masing-masing diduduki oleh Bali (dua emas, dua perak, dan tiga perunggu) dan Kalimantan Timur (satu emas, lima perak, dan dua perunggu).

Dengan raihan Sulsel meloloskan enam atlet ke PON Papua, terjadi peningkatan dibandingkan PON Jabar. Saat itu, hanya ada empat atlet kempo Sulsel yang lolos ke PON tahun 2016, silam.

Di sisi lain, meski jumlah atlet bertambah, justru mengalami penurunan dari nomor pertandingan yang dilolosi kempo Sulsel. Pada PON Jabar, Sulsel mengikuti empat nomor, sedangkan di PON Papua hanya tiga nomor.

"Kita syukuri masih bisa meraih tiket ke PON. Semua daerah siap, daya juang, mental, dan teknik perlu ditingkatkan," jelas Sekum Perkemi Sulsel, Bonay Syam kepada Bonepos.com, Sabtu (16/11/2019).

"Dari segi jumlah nomor, menurun 1 nomor. Waktu di PON Jabar 4 nomor, sekarang (PON Papua) hanya 3 nomor," sambungnya.

Sekadar diketahui, satu emas kempo Sulsel diraih pada nomor embu pasangan putra 2/3 DAN, Suaib Side/ Isman Triatnan. (ril)