Ary Gandeng Toma dan Todat Wujudkan Program Prioritas Kapolres Bone

BONEPOS.COM, BONE - Lepas sambut Kapolres Bone lama AKBP Muhammad Kadarislam Kasim dengan Kapolres Baru AKBP I Made Ary Pradana berlangsung haru di Rumah Jabatan Bupati Bone, Jl Petta Ponggawae, Watampone, Minggu malam (17/11/2019).

Dalam momen itu, AKBP Muhammad Kadarislam Kasim didampingi istri menyampaikan banyak kesan selama berdinas di Bumi Arung Palakka.

"Begitu banyak kesan selama dua setengah tahun berdinas di Bone, itu sungguh sangat luar biasa, banyak kesan yang saya dapatkan dan banyak kebahagiaan di Bone dan ini bukan waktu singkat," ungkapnya.

Muhammad Kadarislam Kasim juga berterima kasih atas dukungan Forkopimda Bone yang sangat sinergitas.

Dalam kesempatan itu mantan Kapolres Bone yang murah senyum dan religi itu menceritakan banyak kesan selama di Bone salah satunya adalah pendekatan Kamtibmas yang dilakukan di masjid-masjid dan ini banyak diterima oleh masyarakat.

Sementara itu, Kapolres Bone baru AKBP I Made Ary Pradana dalam sambutannya memaparkan konsep program kerja prioritas yang akan dilakukan.

Program prioritas Kapolres Bone, diantaranya, pertama menjabarkan 7 program prioritas Kapolri disesuaikan dengan karakteristik situasi di Kabupaten Bone dan meneruskan semua program yang sudah berjalan dengan baik.

Kedua, yang menjadi prioritas adalah memanfaatkan potensi kearifan budaya lokal dan adat istiadat dalam mendukung penciptaan kamtibmas yang kondusif.

Ketiga, mengajak masyarakat untuk ikut menciptakan pemolisian masyarakat yang proaktif dengan mengedepankan peran serta Tokoh Agama (Toma), Tokoh Adat (Todat) dan semua elemen masyarakat untuk berkolaborasi dengan Unsur Pemerintah dalam menciptakan Kamtibmas yang berbudaya.

"Tidak ada dan tidak dibenarkan penegakan hukum dilakukan dengan pelanggaran hukum. Tidak akan berhasil menertibkan masyarakat dengan cara-cara yang tidak tertib. Mari sama-sama menjaga kondusivitas Kabupaten Bone agar mampu menjadi kabupaten yang bisa mewujudkan Kamtibmas yang berbudaya," himbauan Ary Pradana. (sug/ril)