Baznas Sinjai Siap Bedah 30 Rumah Tahun 2020, Penerima Bantuan Disuntik Rp2,5 Juta

BONEPOS.COM, SINJAI - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sinjai melalui program Bedah Rumah telah membangunkan rumah warga kurang mampu sebanyak 11 unit.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Baznas Sinjai, Ahmad Muzakkir saat ditemui di kantornya, Senin (18/11/2019). Bagaimana dengan tahun 2020?

"Di tahun 2019 ini sebenarnya program awalnya hanya 1 rumah per kecamatan, namun begitu program ini berjalan banyak proposal yang masuk dan menurut kami layak untuk mendapat bantuan sehingga jumlahnya Insya Allah sampai 13 rumah," jelas Ahmad.

"Untuk perencanaan anggaran tahun 2020 mendatang, kita koreksikan sampai 30 rumah, namun tentunya kita lihat bajet dan kondisi di lapangan," sambungnya.

Ahmad melanjutkan, 11 rumah warga yang telah dibangun yakni di Desa Tokka Sinjai Utara 1 rumah, Saukang Sinjai Timur 1 rumah, Dusun Kambuno Tellulimpoe 1 rumah, Desa Puncak Sinjai Selatan 1 rumah, Dusun Manyaha Sinjai Borong 1 Rumah dan 1 rumah Desa Kompang Sinjai Tengah, kesemuanya telah ditempati oleh pemiliknya.

"Sedangkan yang sementara masih dalam proses pengecatan ada 5 rumah yakni, 1 rumah di Dusun Tasosso Sinjai Barat, Desa Jerrung Satu 1 rumah, Desa Lamatti Riawang 1 rumah, Desa Massaile 1 rumah, Desa Lasiai 1 rumah. Totoalnya semua ada 11 rumah," tutur Ahmad.

"Sedangkan untuk pengerjaannya dibantu dari pihak TNI dan Polri serta masyarakat sekitar, dan juga keterlibatan dari pihak Dinas Sosial Kabupaten Sinjai," tambahnya.

Lanjut Ahmad, semua warga yang mendapatkan bantuan program Bedah Rumah ini juga akan disantuni dengan bantuan modal sesuai keterampilannya.

"Standar jumlah bantuan modal yang akan diberikan jumlahnya sebanyak Rp2,5 juta. Tujuan diberikannya bantuan modal ini agar bisa membantu atau untuk menopang kebutuhan sehari-hari mereka," ungkapnya.

Ahmad menambahkan, Penyerahan bantuan modal tersebut akan diserahkan pada peresmian semua rumah bantuan tersebut, yang rencananya akan dilakukan pada akhir November ini atau di awal Desember mendatang. (air/ril)