7 Profesi Unik yang Tinggal Kenangan, Apa Saja ?

BONEPOS.COM - Dahulu banyak pekerjaan unik yang dilakoni beberapa orang dan dianggap penting pada masa itu. Namun, sejak teknologi dan zaman yang berubah semakin pesat, pekerjaan itu lambat laun hilang. Hanya tertinggal sebuah kenangan bagi orang-orang yang hidup di era itu.

Tak hanya pekerjaan pembaca informasi dan alarm keliling yang unik di zaman dulu. Ada pekerjaan unik lainnya yang akan membuat kamu nggak nyangka bahwa ada pekerjaan seperti itu.

Mau tau apa saja pekerjaan unik yang ada di zaman dulu, dan kini hanya tinggal kenangan? Berikut ini ulasannya.

1. Penangkap tikus

Mungkin kamu akan terkejut saat tahu dahulu ada sebuah pekerjaan khusus menangkap tikus. Dulu, orang belum mengetahui cara menjebak tikus dengan menggunakan lem atau perangkap. Alhasil, masyarakat meminta penangkap tikus untuk menangkap tikus-tikus yang berkeliaran di sekitar rumah mereka. Tak sembarangan, para penangkap tikus ini adalah orang terlatih dan tidak merasa jijik untuk menangkap hewan kotor satu ini. Para pekerja dituntut untuk bisa menangkap tikus dengan tangan kosong atau menggunakan alat hingga tikus tersebut mati.

2. Pembaca koran

Siapa sangka jika dahulu, sebelum adanya koran, radio dan televisi ada sebuah pekerjaan yang tugasnya membacakan koran atau informasi. Pekerjaan yang disebut lector ini biasanya ada di pabrik. Sang lector akan membacakan berita atau informasi untuk menghibur karyawan yang ada di pabrik.

3.Penghitung

Sebelum kehadiran kalkulator atau komputer, sebuah perusahaan atau tempat usaha akan menggunakan wanita muda untuk melakukan proses berhitung. Mereka akan diminta untuk menghitung angka-angka dengan cara manual.

4. Alarm keliling

Kini, orang-orang akan mudah terbangun dengan mengatur jam alarm di ponsel atau alarm khusus. Tapi taukah kamu, dahulu sebelum jam alarm ada, orang-orang akan dibangunkan oleh tukang alarm keliling. Para pekerja alarm keliling ini akan rutin membangunkan kliennya sesuai dengan jam yang diminta. Mereka akan keliling kampung sambil membawa sebuah galah untuk membangunkan orang-orang dengan mengetuk pintu atau jendela rumahnya.

5. Pendengar pesawat musuh

Pada zaman dulu, ada orang yang bekerja sebagai pendengar kedatangan pesawat musuh. Biasanya para pekerja menggunakan alat khusus yang dapat membantu melacak seluruh benda dari besi di atas awan. Para pekerja ini dituntut memiliki pendengaran yang bagus.

6. Pemotong es

Sebelum kehadiran kulkas, orang-orang di zaman dahulu akan memanfaatkan es untuk berbagai keperluan. Sayangnya, era tersebut juga belum ada mesin pemotong es seperti sekarang ini. Oleh sebab itulah, ada orang yang bekerja sebagai pemotong balok es. Mereka akan memotong balok es beku di jalan atau di danau.

7. Tukang ambil mayat

Meski terkesan seram, nyatanya pekerjaan ini memang benar adanya. Di abad ke-19, para mahasiswa kedokteran merasa sulit untuk mendapatkan mayat yang akan digunakan sebagai sarana belajar. Alhasil mereka meminta orang lain untuk bekerja mengambil mayat di kuburan.