Pemkab Sinjai Perkuat Kompetensi Pejabat dalam Pengelolaan Angggaran

BONEPOS.COM, SINJAI - Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Akbar, membuka Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah yang berlangsung di Ruang Pola, Selasa (19/11/2019).

Ketua Panitia, Haris Achmad dalam laporannya menyampaikan, tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kompetensi pengguna anggaran, kuasa pengguna anggaran, pejabat pembuat komitmen dalam bidang pengadaan barang/jasa pemerintah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Akbar berujar, dalam sosialisasi ini diharapkan kepada para Kepala OPD, PPK, PPTK atau dalam hal ini pengguna anggaran, kuasa pengguna anggaran agar sepaham bagaimana sistem dan mekanisme di dalam penggunaan anggaran yang berkaitan dengan pengadaan barang/jasa.

Di Kabupaten Sinjai sudah dibentuk unit pengadaan barang/jasa. Dilakukan penunjukan langsung penggunaan anggaran baik bersumber dari APBN maupun APBD.

Penggunaan barang/jasa ini dilakukan untuk menumbuh kembangkan sistem perekonomian. Ada beberapa produk di kalangan masyarakat apabila masuk kategori kelas e-katalog maka barang/jasa tersebut bisa digunakan oleh pihak lain.

"Harapan saya mudah-mudahan dengan adanya sosialisasi ini kita dapat menjalankan tugas kita masing-masing berdasarkan Perpres nomor 16 tahun 2018, sehingga pengadaan barang/jasa tahun 2020 nantinya tidak ada lagi masalah," tuturnya.

Akbar menambahkan, untuk Inspektorat agar melakukan evaluasi setiap bulan sehingga perencanaan pengadaan barang/jasa dalam membangun kabupaten Sinjai bisa tepat waktu. (ril)