FTI UMI Bekali Pelajar Sorong Pemanfaatan Digital Theodolit di Gowa

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Sebanyak 42 pelajar SMKN 1 Sorong mengikuti Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di Fakultas Teknologi Industri UMI Makassar.

Gelaran ini akan berlangsung selama dua bulan bersama dosen dan asisten Teknik Pertambangan FTI UMI mereka melaksanakan praktik pemetaan di Samata, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada praktik lapangan ini, pelajar Sorong dilatih menggunakan peralatan Digital Theodolit. Alat ini memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan teodolit biasa ataupun waterpass.

Kegiatan praktik pemetaan ini didampingi dua dosen Teknik Pertambangan, yaitu Ir. Suriyanto Bakri, S.T., M.T., dan Ir. Firdaus, S.T., M.T., yang juga sebagai Kepala Laboratorium Dinamis FTI UMI serta mahasiswa yang selama ini menjadi asisten laboratorium.

Menurut Suriyanto, walaupun di bawah sengatan matahari yang cukup panas, pelajar SMKN 1 Sorong sangat antusias mengikuti arahan dosen dan asisten.

Salah satu siswa, Michael Louis Matulessy mengaku, sangat antusias dan berharap dapat menguasai penggunaan alat tersebut sebelum kembali ke Sorong.

Hal itu diakuinya agar dapat berbagi pengetahuan ke teman-teman mereka yang tidak memiliki kesempatan yang sama mengikuti program ini.

Selain penggunaan peralatan, mereka juga dilatih membuat peta tematik atau dapat memetakan lahan yang belum memiliki titik koordinat.

Hal itu bertujuan, sehingga materi yang mereka dapatkan dan kuasai tersebut dapat diaplikasikan di wilayah Papua Barat, khususnya Kota Sorong. (ril)