13 Tahun Berjuang, Sudah Waktunya Pemekaran Bone

BONEPOS.COM, BONE - Doa dan usaha agar Kabupaten Bone mekar, terus digaungkan Forum Pemekaran Bone Selatan. Tujuannya, demi pemerataan pembangunan dan pendekatan pelayanan kepada masyarakat.

Kepada Bonepos.com, Ketua Umum Forum Pemekaran Bone Selatan, Andi Suaedi bercerita, perjuangan pemekaran Bone Selatan sudah berlangsung 13 tahun hingga saat ini.

Pembentukan Kabupaten Bone Selatan, sudah perlu dilakukan. Terlebih, Kabupaten Bone saat ini memiliki 27 kecamatan dan 372 desa/kelurahan.

Olehnya itu, Suaedi meminta agar Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah audensi ke Presiden RI, Joko Widodo bersama Forum dan Komisi 2. Karena pemekaran Bone Selatan sudah selesai semua persyaratannya.

"Tinggal Undang-undang pembentukan.
Sekarang tinggal kemauan pemerintah pusat saja. Pemekaran ini dilakukan agar pelayanan kepada masyarakat makin lebih baik dan dekat," kata Suaedi, Minggu (24/11/2019).

Apabila nantinya Kabupaten Bone Selatan terbentuk, maka ada enam kecamatan yang tergabung, yakni Salomekko, Kajuara, Bontocani, Kahu, Libureng, dan Patimpeng. Ibu kotanya dipusatkan di Kecamatan Kahu.

"Sumber daya alam sangat memenuhi. Ada potensi lautnya, pertanian, tambang, hingga peternakan," tutur pria yang juga Anggota DPRD Kabupaten Bone. (ril)