Cara Fisip Unismuh Makassar Tingkatkan SPMI

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unismuh Makassar helat Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), di Hall Mini Lt5 Gedung Iqra Unismuh Makassar, Minggu (24/11/2019).

Wakil Dekan I Fisip Unismuh Makassar, Burhanuddin menjelaskan, tujuan workshop tersebut untuk menjamin pemenuhan isi standar SPMI Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiah (PTMA), terdiri atas 31 standar mutu, yakni 24 diadopsi dari Standar Nasional Pendidikan Dikti serta 7 standar dikembangkan berdasar tuntutan sistem penjaminan mutu eksternal (BAN-PT) dan hasil analisis kebutuhan PTMA sebagai amal usaha Muhammadiyah.

Workshop ini juga untuk Penyusunan SPMI Unismuh Makassar sebanyak 31 standar. Penyusunan SPMI ini melibatkan para dosen dari tiga prodi Ilmu Administrasi Negara, Prodi Ilmu Pemerintahan dan S1 Ilmu Komunikasi, tegas Doktor Administrasi Publik PPs-UNM ini.

Luaran dari workshop ini, diharapkan akan menghasilkan dokumen standar SPMI dan setelah selesai akan ada lagi Workshop Manual SPMI.

Menghadapi pengisian borang dengan 9 standar kriteria penilaian, maka harus ada 4 dokumen yang dipersiapkan.

Keempat dokumen itu yakni, dokumen Kebijakan Mutu, Dokumen Standar SPMI, Dokumen Manual SPMI serta Formulir mutu, tandas Ketua Prodi Administrasi Negara Fisip Unismuh Makassar pada masanya.

Kehadiran keempat dokumen itu akan memudahkan dalam pengisian borang dengan 9 standar dengan berbasis data dan fakta, tegas Dosen Dipekerjakan LLDIKTI IX Sulawesi di Unismuh Makassar ini. (ril)