Pelajar Pencinta Bahasa Jerman Berkumpul di Bone, Ini Tujuannya

BONEPOS.COM, BONE - Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia (IGBJI) Cabang Bawakaraeng bersama dengan Goethe Institute kembali helat Gebyar dan Olimpiade Bahasa Jerman.

Olimpiade itu diikuti siswa-siswi SMA dan MA sederajat se-Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara yang dipusatkan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bone, 23-24 November 2019.

Kegiatan ini mengusung tema, "Dengan Gebyar dan Olimpiade Bahasa Jerman 2019 Kita Tingkatkan Kompetensi Abad ke-21 Untuk Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0".

Ketua Panitia, Muslimin dalam laporan kegiatannya mengatakan, ajang ini untuk menguji kemampuan kreativitas anak dalam berbahasa Jerman.

"Kegiatan ini adalah ajang kreativitas siswa," tuturnya.

Sementara itu Kepala MAN 1 Bone Abbas Katutu bilang, suatu kebanggaan atas ditunjuknya MAN 1 Bone sebagai tuan rumah dan ini kesempatan sangat berharga bagi siswa.

Adapun kegiatan ini terselenggara di MAN 1 Bone sebagai kegiatan lanjutan setelah lomba yang digelar di Kabupaten Gowa dan delegasi Kabupaten Bone dari SMAN 1 Bone berhasil meraih juara 1.

Pada kesenpatan itu Ketua Ikatan Guru Bahasa Jerman Indosia (IGBJI) Cabang Bawakaraeng Muhannis berujar, kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dan dilaksanakan di 34 Provinsi. Selanjutnya pada 24 Januari akan berlanjut di Jakarta. Pemenang terbaik di Indonisa akan bertemu di Jeman.

"Mudah-mudahan tahun ini ada juara dari Bone dan bisa ke Jakarta pada 24 Januari mewakili Sulsel ke tingkat Nasional," harapnya.

Wakil Bupati Bone Ambo Dalle dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Pemda Bone memberikan apresiasi yang besar dan kita doakan ada siswa Bone bisa ke nasional dan bila perlu sampai ke Jerman," harap Ambo Dalle yang juga Ketua PGRI Kabupaten Bone itu.

"Kuncinya, siapapun yang kuasai bahasa dia akan kuasai dunia," tambahnya.

Pada event ini, Panitia melibatkan Dewan Juri dari Goethe Institute delegasi kebangsaan Jerman Mike Neuber.

Jenis kegiatan Gebyar dan Olimpiade Bahasa Jerman itu antara lain, Kegiatan Inti, Olimpiade Bahasa Jerman, Gebyar Bahasa Jerman, Lomba Guru, Seminar Guru Bahasa Jerman. (sug/ril)