Bupati Seto Bina Pencaker Sinjai Layak Jual

BONEPOS.COM, SINJAI - Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa memberikan atensi pada pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi angkatan ke-10 yang dilaksanakan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK), di BBPLK Bandung, Senin (25/11/2019).

Seto menyampaikan, kondisi ketenagakerjaan saat ini masih sangat memprihatinkan. Lantaran tingkat pertumbuhan angkatan kerja yang sangat tinggi sementara kesempatan kerja sangat terbatas.

Di sisi lain, sektor formal yang menyediakan lowongan kerja kadang pun tidak dapat dipenuhi oleh pencari kerja karena kualifikasi tingkat keahlian dan tingkat pendidikan yang tidak sesuai dengan lowongan kerja yang ada.

"Maka dari itu pemerintah kabupaten Sinjai memberikan perhatian yang sangat besar dalam upaya peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja," jelas Seto.

Untuk itu, kepada warga kabupaten Sinjai untuk meningkatkan keterampilan dengan mengikuti pelatihan berbasis kompetensi. Makanya, pencari kerja (Pencaker) harus memiliki modal tersebut agar bisa bersaing.

Tentunya kata Seto berharap, ke depannya akan semakin banyak warga Kabupaten Sinjai yang diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan kompetensi di BLK Bandung, sehingga para pencari kerja tersebut memiliki keahlian, keterampilan, dan berdaya saing dalam memasuki pasar kerja.

Sementara itu, Kepala Seksi Pelatihan dan Produktivitas Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Sinjai, Muhammad Taslim bilang, Pelatihan dibuka oleh Kasubdit Penyelenggara BBPLK Bandung, dan akan dilaksanakan selama 1 bulan, mulai 23 November hingga 22 Desember 2019.

"18 orang peserta pelatihan dari Kabupaten Sinjai mengikuti kegiatan tersebut, untuk kejuruan manufaktur adalah merupakan pencari kerja, yang akan dilatih melalui pelatihan berbasis kompetensi. Adapun biaya seluruh peserta selama pelatihan, mulai berangkat, selama pelatihan sampai kembali ke Sinjai ditanggung oleh BLK Bandung," tandas Taslim. (ril)