Janji Kadispora Sikapi Prestasi Sulsel Turun di Popnas

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Prestasi olahraga Sulsel, khususnya di tingkat pelajar, mengalami penurunan. Hasil ini tidak lepas dari hasil akhir Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV 2019 DKI Jakarta.

Kontingen Sulsel harus puas berada di peringkat 17 dengan mendulang 3 emas, 3 perak, dan 9 perunggu.

Raihan tersebut lebih buruk dibandingkan Popnas XIV 2017 di Semarang Jawa Tengah. Saat itu, Sulsel berada di posisi 12 dengan raihan empat emas, 10 perak, dan 15 perunggu.

Kadispora Sulsel, Andi Arwin Azis mengakui, dia akan melakukan evaluasi. Pasca hasil Popnas XV di Jakarta.

"Bukan satu sisi saja. Apakah kebutuhan sudah terpenuhi (sebelum dan saat kontingen mengikuti kejuaraan)?," Sebut Arwin, Selasa (26/11/2019).

Hal yang perlu mendapatkan atensi, seperti proses rekruitmen dan latihan. Serta bentuk pendampingan saat turun bertanding.

"Jangan sekadar menyalahkan atlet. Ini harus kita evaluasi. Termasuk insan olahraga yang terlibat mengawal dalam prosesnya," ujar Arwin.

"Tidak ada toleransi. Popnas kali ini menurun dibandingkan Popnas sebelumnya. Ini gengsi daerah. Harus dijaga, dilihat dari perolehan medali," sambungnya.

Olehnya itu, Arwin berjanji akan berusaha melakukan pembenahan secara bertahap. Demi memberikan hasil terbaik di setiap gelaran yang akan diikuti Sulsel.

Total medali yang disabet Sulsel pada Popnas XV sebanyak 15 keping. Masing-masing disumbangkan oleh karate (3 emas, 1 perak, dan 5 perunggu), atletik (2 perak dan 2 perunggu), dayung (1 perunggu), dan Sepak Takraw (1 perunggu).

Tercatat, ada lima cabang olahraga yang diikuti Sulsel gagal mendulang medali, diantaranya voli, pencak silat, tarung derajat, panahan, dan judo. (ril)