Kades Harus Kreatif Datangkan Pendapatan untuk Desa

BONEPOS.COM, SINJAI - Rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pengelolaan Keuangan Desa melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai dilakukan di Ruang Pola, Senin (25/11/2019).

Gelaran ini sebagai bentuk pembinaan terkait dana desa khususnya terkait regulasi-regulasi yang mengatur pengelolaan keuangan desa.

Sekretaris Daerah Sinjai Akbar menjelaskan, rapat monev tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk melakukan pembinaan kepada Pemerintah Desa, khususnya penggunaan anggaran.

Dia berharap, Pemerintah desa bisa kreatif dan harus pintar-pintar dalam membuat usaha Bumdes sesuai dengan potensi desa masing-masing sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli desa.

Sementara itu, Sekretaris Dinas PMD Sinjai Haeruddin berujar, rapat ini pula untuk mengetahui sejauh mana progres realisasi keuangan desa, khususnya pengguna anggaran.

Namun hingga saat ini masih banyak desa yang belum melaporkan penggunaan anggarannya.

Dari total anggaran yang sudah terealisasi sebesar Rp69,3 miliar, penyaluran ke desa baru sebesar 53 miliar lebih sehingga masih banyak hal yang mesti dipacu di akhir tahun ini. (ril)