Pemkab Sinjai Jamin Bantuan Hukum bagi Warga Miskin

BONEPOS.COM, SINJAI - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Sinjai Bersatu helat Sosialisasi. Pemkab Sinjai mengapresiasi.

Pada gelaran ini, Bupati Sinjai diwakili Kabag Hukum Setdakab Sinjai, Lukman Dahlan. Tema yang diangkat, "Sosialisasi Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin".

Sosialisasi tersebut dipusatkan di Aula Kantor Camat Sinjai Timur, Kamis (28/11/2019).

Kabag Hukum Lukman Dahlan menjelaskan, Pemerintah Daerah terkesan. Hal ini sejalan program pemerintah Kabupaten Sinjai, berupa bantuan hukum gratis bagi keluarga miskin.

"Ini salah satu inovasi Pemerintah Kabupaten Sinjai. Tujuannya, memastikan semua warga Kabupaten Sinjai mendapatkan hak dan akses keadilan terutama keluarga miskin," jelas Lukman.

"Selama ini keluarga miskin kadang-kadang tidak terperhatikan. Dikarenakan pertama, kurang mendapatkan akses keadilan karena mereka selalu menganggap berperkara di pengadilan biayanya sangat mahal. Kedua, tidak punya apa-apa untuk membiayai kasusnya baik ketika terkena kasus perdata dapat gugatan perdata maupun kasus-kasus pidana," sambungnya.

Pemerintah Daerah turut menjalankan undang-undang bantuan hukum yang memungkinkan bukan hanya diselenggarakan Pemerintah Pusat tetapi juga dapat dilaksanakan Pemerintah Daerah.

"Bupati dan Wakil Bupati Sinjai ingin melihat tidak ada lagi masyarakat miskin yang mendapat kasus hukum tidak bisa mendapatkan haknya di pengadilan atau di luar pengadilan," tandas Lukman. (ril)