Siap-siap, Sinjai Bakal Punya Ikon Baru

BONEPOS.COM, SINJAI - Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa membuka Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Desain Teknis Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Abd. Latief yang di Wisma Hawai, Kamis (29/11/2019).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Sinjai, Arifuddin menjelaskan, gelaran FGD merupakan tindak lanjut setelah Dinas lingkungan Hidup dan Kehutanan mengesahkan desain tapak.

"Sehingga kita juga harus menyusun desain teknis dalam mengembangkan sarana dan prasarana tahura," tuturnya.

Bupati Sinjai Seto menuturkan, tahun ini, telah disahkan dokumen desain tapak. Langkah awal menindaklanjuti desain tapak ini yaitu penyusunan desain teknis.

"Bisa menjadi penunjang dalam mewujudkan visi pengelolaan tahura Abd. Latif sebagai pusat konservasi anoa, media edukasi, dan ekowisata bersama masyarakat," ucap Seto.

Seto menambahkan, pembuatan desain teknis harus memenuhi beberapa aspek, yakni aspek ekonomi, lingkungan, sosial dan budaya. Sehingga nantinya tahura tersebut bisa dimanfaatkan 10 hingga 15 tahun ke depan.

Dinilainya, tahura memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi ikon Kabupaten Sinjai karena bisa menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Sinjai. Selain karena tempatnya strategis, juga memiliki pemandangan yang indah. (ril)