Pesan Bupati Sinjai Bagi Legislator Mengikuti Orientasi Anggota DPRD

BONEPOS.COM, SINJAI - Sebanyak 30 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sinjai mengikuti Orientasi Anggota DPRD Kabupaten/Kota Hasil Pemilu Legislatif Tahun 2019 di Hotel Makassar, Senin (2/12/2019).

Gelaran ini dihelat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Sekretariat DPRD Kabupaten Sinjai. Hadir membuka kegiatan, Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa.

Kegiatan ini berlangsung mulai 1 hingga 6 Desember 2019. Narasumber yang didatangkan, yaitu Bupati Sinjai, BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan, PPSDM Regional Kementerian Dalam Negeri RI, dan Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Provinsi Sulawesi Selatan.

Bupati Sinjai Seto mengatakan, DPRD merupakan mitra sejajar kepala daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan. Apalagi memiliki peran strategis dan tanggung jawab dalam mewujudkan pemerintahan efektif, efisien, produktif, dan akuntabel.

"Saya berharap para anggota DPRD Sinjai dapat senantiasa menjaga dan mempertahankan kemitraan dan koordinasi yang baik dan harmonis, tidak hanya dengan eksekutif dalam hal ini pemerintah daerah, melainkan juga dalam lingkup intern DPRD," papar Seto.

"Hubungan kerja yang solid dan kompak merupakan modal penting bagi DPRD untuk melaksanakan fungsinya sehingga bersama-sama dengan pemerintah daerah, DPRD mampu mendedikasikan diri mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah," tambahnya.

Adapun, Plt. Sekretaris DPRD, Lukman Mannan menuturkan, orientasi ini merupakan amanat dari Undang-undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang juga diatur oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 133 Tahun 2017 tentang Orientasi Dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

"Orientasi ini merupakan kewajiban anggota DPRD sebagai langkah awal dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai unsur penyelenggara pemerintahan," tuturnya.

Kepala BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan, Irman Jausi bilang, orientasi angkatan ke IV atau angkatan terakhir. Selain diikuti oleh 30 anggota DPRD Sinjai, orientasi angkatan IV juga diikuti oleh 1 orang anggota DPRD Kabupaten Gowa, dan 1 orang dari DPRD Kabupaten Gorontalo. (ril)