Diskes Bone Sosialisasi Bahaya HIV, 38 Orang Meninggal Gara-gara AIDS

BONEPOS.COM, BONE - Angka kematian gara-gara AIDS, terbilang tinggi. Di Bone, sepanjang tahun 2019 sudah ada 38 Orang meninggal dunia.

Informasi yang dihimpun, hingga 2019 ada 60 orang yang sementara mendapatkan pengobatan (masih tahap ODHA).

Dengan kondisi demikian, Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Bone, aktif bersosialisasi. Program pencegahan hingga di sekolah-sekolah.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bone, Yusuf mengatakan, hal-hal penting yang dilakukan Diskes Bone agar ke depan Bone bisa bebas dari penyakit HIV/AIDS.

Caranya, melakukan sreening HIV bagi kelompok masyarakat yang berpotensi tertular HIV atau mereka yang termasuk dalam populasi kunci, kemudian pemberian obat ARV yang positif HIV.

Adapun sosialisasi yang dilakukan meliputi bagaimana HIV itu bisa tertular dan bagaimana pengobatanya.

"Hal itu penting diketahui untuk menghilangkan stigma negatif di masyarakat yang masih menganggap penyakit HIV AIDS itu adalah penyakit kutukan dan pelakunya dianggap atau divonis tidak bermoral atau berprilaku negatif," ucap Yusuf, Selasa (3/12/2019).

Selain itu tentang cara penularan kata Yusuf perlu disampaikan dengan benar agar masyarakat tidak merasa ketakutan dengan ODHA atau AIDS.

"Kita juga melakukan pemeriksaan triple eliminasi pada ibu hamil yaitu screning HIV untuk mencegah penularan dari ibu ke bayi, pemeriksaan penyakit menular seksual dan pemeriksaan hepatitis," ujarnya. (sug/ril)