HKG PKK 2019, Ketua PKK Sinjai: Momentum Melahirkan Inovasi

BONEPOS.COM, SINJAI - Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menilai, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) sebagai kekuatan besar dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul yang menjadi modal perjalanan bangsa.

Apresiasi ini disampaikan Gubernur Sulsel saat membuka secara resmi Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Ke- 47 dan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) PKK Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2019 di Hotel Four Points By Sheraton Makassar, Senin (2/12/2019).

Ketua Panitia Pelaksana, Vien Sartika Dewi mengatakan, HKG PKK tahun ini bertujuan untuk memberdayakan potensi kader PKK, meningkatkan kualitas program pokok PKK, serta meningkatkan kemitraan dengan pemerintah daerah.

Di hadapan Gubernur, Vien juga melaporkan bahwa peserta rangkaian HKG diikuti 175 peserta provinsi yang terdiri dari pengurus TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Dharma Wanita OPD se-Sulawesi Selatan, dan organisasi wanita. Serta 300 peserta kabupaten/kota yang terdir dari Ketua TP PKK, Sekretaris, Ketua Pokja, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, serta anggota pendamping.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Hj. Liestiaty F. Nurdin, bilang, dalam rangka pencegahan stunting, TP PKK Provinsi mengharapkan agar OPD terkait memberikan tambahan makanan bergizi 2-3 kali seminggu untuk anak sekolah. Selain itu, percepatan pencegahan Stunting pun diupayakan melalui bantuan pencegahan stunting untuk PKK Kabupaten/Kota senilai 100 juta/ Kabupaten.

Adapun Ketua TP PKK Kabupaten Sinjai, Andi Nurhilda Daramata Seto bilang, Rakorda HKG ini akan dijadikan momen untuk mengevaluasi kegiatan yang telah berjalan dan mengumpulkan referensi agar PKK Sinjai dapat melahirkan ide dan inovasi baru dalam pelaksanaan tugas pokok PKK.

"Semoga PKK dapat memanfaatkan kegiatan ini, mencari referensi yang lebih luas agar dapat menjalankan fungsi PKK dengan lebih baik. Semua kegiatan yang dilaksanakan baik di dalam tingkat provinsi maupun nasional seharusnya menjadi bekal untuk ditindaklanjuti di Sinjai.

Sehingga apa yang dilakukan tidak hanya bersifat seremonial. Pada kesempatan tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyerahkan bantuan bibit mangga kepada 24 Ketua TP PKK kabupaten/kota. (ril)