Luis Milla Vs Shin Tae-Young, Keduanya Dipilih Sebagai Pelatih Timnas?

BONEPOS.COM - Luis Milla dan Shin Tae-Yong sudah melakukan presentasi programnya di hadapan PSSI pada November lalu. Kini, keduanya tengah menanti keputusan federasi memilih salah satunya menjadi pelatih Timnas Indonesia.

PSSI telah menyatakan bahwa pemilihan pelatih selesai dilakukan pada bulan Desember. Alasannya, pelaporan pelatih anyar skuat Garuda kepada anggota federasi bisa digelar saat Kongres Tahunan PSSI pada Januari 2020.

Sejauh ini belum ada tanda-tanda rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI untuk menentukan pelatih. Namun, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengapungkan kans untuk merekrut kedua kandidat pelatih itu.

“Kami akan adakan rapat Exco untuk menentukan (pelatih). Mungkin keduanya masuk nominasi. Ada kemungkinan juga (persyaratan) terpenuhi dan kami bisa ambil keduanya. Satu untuk tim senior dan satu untuk tim kelompok umur di bawahnya,” tutur Iwan Bule --sapaan akrab Iriawan.

Menilik hasil presentasi kedua kandidat, Shin lebih condong cakap mengurusi timnas kelompok umur. Pelatih 50 tahun itu juga berjanji akan membawa tim pelatih Korea Selatan U-20 yang berhasil membuat Negeri Gingseng runner-up Piala Dunia U-20 2019.

Milla kemungkinan besar diproyeksikan untuk mengomandoi Timnas Indonesia senior. Namun, mendapat kursi pelatih kepala tim Merah-Putih tak mudah buat Milla lantaran PSSI punya syarat berat.

“Sudah sampaikan ke Milla bahwa ada persyaratan yang harus dipenuhi. Misalnya saja, empat pertandingan sisa (Kualifikasi Piala Dunia 2022) tim senior harus menang. Paling tidak penampilan terbaik sehingga publik merasa terobati dengan kekalahan sebelumnya,” ujar Iriawan.

Syarat harus menang belum dengan tegas disanggupi Milla saat presentasi pada 29 November lalu. Pelatih asal Spanyol itu paling mungkin membuat permainan timnas Indonesia memukau, seperti yang dilakukannya selama satu setengah tahun membesut Timnas Indonesia sejak 2017.