Hari Anti Korupsi, Kejari Bone Eksekusi Koruptor Dana PNPM

BONEPOS.COM - HERMAN

BONEPOS.COM, BONE - Peringatan Hari Anti Korupsi Nasional ditandai Kejaksaan Negeri (Kejari) Bone dengan mengeksekusi terpidana kasus korupsi ke Lapas Bone, Senin (9/12/2019).

Terpidana korupsi tersebut diketahui adalah Darmawati Bin Abdullah, warga Kecamatan Kajuara, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Kajari Bone yang dikonfirmasi melalui Kacabjari Kajuara Rachmad Sentosa menuturkan, kasus yang membelit Darmawati sudah bergulir sejak 2016 lalu, yang mana terpidana ini selaku ketua PNPM Kajuara yang menyalurkan bantuan dana ke masyarakat.

"Jadi ceritanya terpidana ini menyalurkan bantuan dana ke masyarakat, nah setelah masyarakat mengembalikan uang tersebut, malah uang itu tidak disetorkan ke kas PNPM melainkan digunakan untuk kepentingan pribadi," ungkap Rahmat.

Lanjut kata dia, jumlah dana dari PNPM yang disalurkan ke masyarakat sejumlah Rp608 juta, namun yang tidak dikembalikan ke kas PNPM itu sebanyak Rp140.601.000. Inilah yang menjadi kerugian.

"Awalnya kasus ini sudah diputuskan di Pengadilan Tinggi, kemudian terpidana mengajukan banding ke MA, dan hasilnya keputusan MA memvonis terpidana 1,6 tahun penjara dan denda Rp50 juta dan membayar uang pengganti sebesar Rp136 juta," tambahnya

Dari hasil pantauan, Pihak Kacabjari melayangkan surat ke terpidana, dan secara kooperatif Darmawati datang langsung ke kantor Kejaksaan untuk menyerahkan diri karena juga sudah menerima putusan dari Mahkamah Agung.

Saat itu, Darmawati terlihat menggunakan rompi tahanan kemudian naik ke mobil tahanan lalu menuju ke Lapas Watampone. (her/ril)