Keren, Begini Cara Kajari Bone Lahirkan Milenial Jujur

BONEPOS.COM, BONE - Masih rangkaian peringatan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) Tahun 2019. Kejari Bone gelar berbagai kegiatan.

Salah satunya Kantin Kejujuran binaan Cabang Kejaksaan Negeri Bone di Lappariaja. Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bone Eri Satriana meresmikan langsung Kantin Kejujuran di SMAN 5 Bone, Selasa (10/12/2019).

“Dengan Kantin Kejujuran ini, semoga dapat menumbuhkan bibit-bibit kejujuran pada generasi milenial khususnya pelajar,” kata Eri.

Kantin Kejujuran merupakan salah satu program yang dijalankan Kejaksaan RI. Hal ini melalui momentum semangat peringatan HAKI Tahun 2019.

Sementara itu, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Bone di Lapariaja Andi Hairil Akhmad menuturkan, Kantin Kejujuran dilaksanakan dengan tidak berorientasi pada keuntungan.

"Dilakukan dengan cara Selfservice," akunya.

Pada Kantin Kejujuran, pembeli memilih barang yang dibutuhkan, mencatatkan pembelian, membayarkan dan mengambil sendiri uang kembalian dari hasil pembelanjaannya.

Alhasil, membiasakan pelajar bersifat jujur mulai dari hal-hal yang kecil. Maka akan menciptakan generasi sifat anti korupsi di dalam jiwa para pelajar.

Kegiatan ini, dihadiri Kasubdit Pemantauan pada JAM Intelijen Kejagung R.I. Timbul Pasaribu yang pada penyampaiannya kepada para pelajar agar menjadikan Kantin Kejujuran ini sebagai tolok ukur kejujuran untuk diri sendiri.

“Camkan prinsip pada diri adik-adik bahwa saya berbuat, Allah melihat, Malaikat mencatat," ucap Timbul Pasaribu kepada pelajar.

Selain meresmikan Kantin Kejujuran, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian Penerangan Hukum oleh Cabjari Bone di Lappariaja dengan pemateri Kajari Bone Eri Satriana kepada para Kepala Sekolah se-Kabupaten Bone, para guru, serta para pelajar. (her/ril)