Ini Alasan Kajari Bone Tahan Tiga Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana PAUD

BONEPOS.COM - HERMAN Kajari Watampone, Ery Satriana

BONEPOS.COM.BONE - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Watampone, DR Ery Satriana beralasan, ketiga tersangka dugaan kasus tipikor dana PAUD Kabupaten Bone, langsung dilakukan penahanan lantaran dikhawatirkan melarikan diri.

"Sesuai pasal 21 KUHP, ada dua alasan yakni objektifnya pasal ini lebih dari 5 tahun dan subtektifnya takut tersangka melarikan diri dan alasan utamanya adalah pengembalian kerugian negara," Tutur Eri saat ditemui di Kejari Watampone, Kamis (12/12/2019).

Mantan Kabag Sunproglap Jamwas Kejaksaan Agung ini menegaskan, bahwa penahanan ini merupakan salah satu upaya Kejari Bone dalam menindaki kasus korupsi di Bone yang merupakan hasil elaborasi penyidik kepolisian dalam menangani kasus untuk mengembalikan kerugian negara.

"Dalam kasus ini belum ada pengembalian kerugian negara sebesar Rp 4,9 Miliar, menurut saya ini merupakan kasus yang sangat massif dan terstuktur, karena ini dilakukan pada saat negara ingin meningkatkan pendidikan Sumber Daya Manusia (SDM)," Tegasnya.

Untuk diketahui, tiga tersangka kasus dana PAUD Bone, masing-masing SU, MS dan IK dijerat Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Adapun ancamanan pidana penjara minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun penjara dan denda paling sedikit Rp 200 juta dan paling banyak Rp 1 miliar. (Her/ril).