Kasus HIV/AIDS Meningkat di Bone, Diskes: Obatnya Gratis

BONEPOS.COM - HERMAN Kabid P2P Dinkes Bone Dr.Yusuf

BONEPOS.COM, BONE - Angka pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Bone mengalami kenaikan. Hal itu bila dibandingkan tahun 2019 dengan 2018 lalu.

Informasi yang dihimpun Bonepos.com, tercatat di Bidang Pencegahan, Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Bone sebanyak 62 pengidap, hingga Desember 2019.

"Kalau 2018 ada 52 orang, sementara 2019 tercatat sebanyak 62 orang. Jadi memang ada sedikit peningkatan dibandingkan tahun lalu," kata Asma  Pengelola Program HIV/AIDS, Diskes Bone, Jumat (13/12/2019).

Sementara itu, Kabid P2P Diskes Bone drg Yusuf Tolo mengatakan, persoalan HIV/AIDS yang sekarang identik dengan penyakit berhubungan moral yang buruk. Lantaran adanya diskriminasi negatif dari masyarakat, sehingga jarang ada yang mau secara terbuka memeriksakan dirinya.

"Padahal sebagian kasus yang kami dapatkan justru dialami orang yang baik-baik dan tidak tahu menahu kemudian tertular dari pasangan atau orang yang tidak betanggung jawab," kata Yusuf.

Untuk itu, ke depan langkah yang diambil oleh pihaknya adalah bagaimana semua masyarakat yang berisiko HIV/AIDS tahu statusnya, kemudian bisa langsung melakukan pemeriksaan atau screening.

"Selanjutnya yang sudah tahu status HIV-nya pastikan mendapat pengobatan ARV, lalu yang sudah berobat terus dipantau agar viral load-nya tersupresi sehingga penderitanya bisa beraktivitas seperti biasa," tutur Yusuf.

"Diskes Bone siap memfasilitasi masyarakat yang mau memeriksakan diri. Kami menjaga kerahasiaan statusnya, yang penting mau berobat dan semua itu gratis," kuncinya. (her/ril)