Waspada! Puluhan Ribu Anjing di Bone Belum Divaksin Rabies

Jarun Ontakrai /Shutterstock Ilustrasi vaksin rabies

BONEPOS.COM, BONE - Puluhan ribu anjing di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan hingga saat ini belum divaksinasi anti rabies. Selain karena banyaknya anjing liar yang sulit divaksin, minat warga untuk memberi vaksin kepada hewan peliharaan mereka juga tergolong rendah.

Kepala Dinas Dinas Peternakan, Kabupaten Bone, drh Aris Handono melalui drh Agusriady menuturkan, berdasarkan data yang dihimpun Dinas Peternakan Bone, populasi anjing—baik peliharaan maupun liar di Bone mencapai 32 ribu ekor.

"Jumlah anjing yang ada di Kabupaten Bone itu mencapai 32 ribu ekor, sementara yang sudah divaksin baru sekira 6 ribuan ekor. Kemarin kami juga sudah memvaksin sekitar 90 ekor anjing di Kecamatan Cina," ungkap Agusriady, kepada Bonepos.com, Jumat (13/12/2019).

Tingginya jumlah populasi anjing di Bone, Agusriady mengimbau agar masyarakat yang memelihara hewan seperti anjing, kucing dan lain sebagainya agar memvaksin binatang peliharaanya masing-masing.

"Pihak kami menyiapkan vaksin rabies secara gratis di klinik. Jadi bagi masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi terhadap hewannya, bisa langsung datang," harapnya.

Selain itu, Agusriady juga meminta kepada warga agar hewan peliharaan khususnya anjing tidak biarkan berkeliaran. Terkhusus anak-anak Ia juga diminta untuk tidak mengganggu atau mendekati hewan yang bukan peliharaanya sendiri. Pasalnya hewan akan menggigit jika merasa dirinya terancam. (her/ril).