Rektor Unismuh Makassar Bahas Peran Pendidikan di IAIM dan STIH Bima

BONEPOS.COM, BIMA - Rektor Unismuh Makassar, Prof Abdul Rahman Rahim membawakan kuliah umum di hadapan civitas akademika Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Bima dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bima, Jumat (13/12/2019).

Pada kesempatan itu, Rahman Rahim, menguraikan tentang peran pendidikan mencakup dasar, menengah, atas dan PTM, dalam melahirkan kader persyarikatan, kader bangsa/negara, kader ummat menuju Indonesia Maju.

Profesor pertama Dosen Tetap Yayasan Unismuh Makassar ini, membahas terkait potensi pendidikan Muhammadiyah secara nasional terdiri dari jumlah TK mencapai 4.623, SD/MI (2.252), SMP/Tsanawiyah (1.111), ,SMU/Aliyah (1.292), Ponpes. (102) PTM/A (165).

Jenjang pendidikan pada semua tingkatan itu, kata Rahman, telah melahirkan jutaan jutaan. Sejak sebelum Indonesia merdeka hingga saat sekarang secara terus menerus mengalami perkembangan/kemajuan yang meningkat secara sifnifikan

"Karena itu sebagai pilar 1 Muhammadiyah, hasil Muktamar Muhammadiyah di Makassar harus menjadi perhatian yang sungguh-sungguh bagi Muhammadiyah ini," kata Wakil Ketua APTISI Wilayah IX-A Sulawesi ini.

Salah satu cara adalah menjadikan semua lembaga pendidikan Muhammadiyah di semua level/jenjang dari TK hingga PT menjadi magnit bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Caranya dengan meningkatkan kualitas penyelenggaraan dan bermuara pada meningkatkan kualitas lulusan sebagai output outcome Perguruan Muhammadiyah," tuturnya.

Doktor Ekonomi Islam PPs-Unair Surabaya ini mengingatkan, pesan KH.Ahmad Dahlan kepada seluruh warganya, yaitu jadilah dokter, insinyur, tentara, polisi, guru, dan kembalilah ke Muhammadiyah. (ril)