Ketua Dakwah UMI Jadi Pembicara di Filipina

BONEPOS.COM, FILIPINA - Dosen UMI Makassar menjadi narasumber ToT efektif school improvement di Filipina, Selasa (17/12/2019).

Hal ini merupakan rencana pengembangan untuk program Lighthouse Madaris.

Hari ketiga di Davao Filiphina, Ketua UPT, Pengembangan Karakter dan Dakwah UMI Dr.M.Ishaq Shamad menjadi salah satu pembicara.

Konsul Jenderal Davao menyampaikan rasa hormatnya kepada semua pihak yang terlibat dalam ToT yang dipusatkan di House of Indonesia KJRI Davao.

Kegiatan ini sebagai implementasi MoU antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Filipina yang ditandatangani, beberapa bulan lalu.

"Semoga para narasumber dapat berbagi ilmu dan pengalaman dalam meningkatkan program 'Lighthouse' Madaris di Mindanao Filipina," harapnya.

Setelah pembukaan, Abdul Munir dan M.Ishaq Shamad bersinergi menyampaikan materi tentang overview program, memahami peningkatan madaris secara efektif, manajemen perubahan, kepemimpinan dan manajemen madaris.

Saat pembukaan ToT, hadir Konsulat Jendral Davao Filipina Dicky Fabrian, Director General Bureau of Madaris Education Ministry of Basic, Higher and Technical Education BARMM, Dr. Ismael G Abdullah, Wakil Rektor 1 UIN Sunan Ampel, Wahidah Zein Br Siregar, Dra., MA., Ph.D.

Sejumlah narasumber internasional, seperti Prof.Muzakki,M.Ag Grad.Dip.SEA, M.Phil, Ph.D, Prof.Dr.Ali Mudhlofir,M.Ag, Prof. Ali Mudhofir, Abd.Munir, M.Ed dari TASS Australia, dan Dr.M.Ishaq Shamad,M.A, sejumlah panitia swakelola dan 30 peserta.

Dr. Ismail G.Abdullah dalam sambutannya, sangat bahagia atas inisiatif ToT ini. Tujuannya ntuk meningkatkan kerjasama pemerintah Indonesia dengan umat Islam Bangsa Moro Filipina.

"Umat Islam bangsa Moro berharap agar masa depan siswa-siswi di Madaris Filipina menjadi insinyur yang ahli agama dan hatinya penuh dengan Al-Qur'an," tuturnya.

Pada tahun 2020, Biro Madaris BARMM Mindanao Filipina akan menyediakan dukungan untuk pengembangan madaris sebagai 'lighthouse'/lentera. Ini sangat berarti bagi madaris di wilayah Bangsa Moro. (ril)