Serangan Jantung Mendadak, Adian Napitupulu Pingsan

BONEPOS.COM -  Anggota DPR kader PDIP Adian Napitupulu kolaps di tengah penerbangan menuju ke Palangka Raya, Kalimantan Tengah, bersama rekan-rekannya di Komisi I DPR. Adian, yang diketahui memiliki riwayat sakit jantung, sempat tak sadarkan diri.

Berita soal Adian yang kolaps ini tersebar lewat broadcast pesan elektronik. Hal tersebut dikonfirmasi oleh salah satu anggota Komisi I DPR yang juga ikut dalam kunjungan kerja ke Palangka Raya, Syaifullah Tamliha.

"Iya, si Adian Napitupulu. Bukan pingsan lagi, tidak sadar diri sampai sekarang. (Adian Napitupulu pingsan) dalam pesawat," ujar Tamliha saat dihubungi sekitar pukul 11.00 WIB, Kamis (19/12/2019).

Adian mendapat pertolongan pertama saat pingsan di pesawat. Penerbangan pun dipercepat agar Adian bisa segera memperoleh perawatan di rumah sakit.

"Dia (Adian) di belakang. Untung ada dokter itu, salah seorang tenaga medis. Kayanya bisa diinfus, kemudian dikasih oksigen, dipasang oksigen dan pesawat mempercepat kecepatannya sehingga.... Diumumkan (dipercepat)," jelas Tamliha.

Saat peristiwa terjadi, Adian duduk di sebelah sesama anggota Komisi I DPR dari PDIP, Rudianto Tjen. Saat Adian pingsan, Rudi langsung melakukan penanganan darurat bersama kru pesawat. Beruntung, di dalam pesawat terdapat seorang dokter yang juga menjadi penumpang. Setelah turun di Palangka Raya, Adian langsung dibawa ke rumah sakit.
"Pelayanan kru pesawat sangat baik, dan salah satu penumpangnya ada dokter, Adian segera ditangani," tutur Rudianto Tjen kepada detikcom.

Rudianto terus menemani Adian selama perawatan di Palangka Raya. Awalnya Adian dibawa ke RS Muhammadiyah, namun kemudian dipindah RSUD Doris Sylvanus.

Aktivis '98 itu juga mendapat perawatan dari dokter spesialis jantung. Adian diketahui memiliki riwayat sakit jantung dan sudah dipasangi lima ring.