Berbudaya, Kapolres I Made Ary Puji Persatuan Warga Laccokkong

Kapolres Bone AKBP I Made Ary Pradana saat melihat langsung proses pembersihan sumur yang ada di lingkungan Laccokkong, Bone, Kamis (19/12/2019).

BONEPOS.COM, BONE - Kapolres Bone AKBP I Made Ary Pradana mengaku kagum dengan persatuan dan keharmonisan warga masyarakat di lingkungan Laccokkong, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Hal tersebut diungkapkan I Made Ary saat menghadiri acara ritual adat pembersihan sumur kerajaan Bone yang ada di Laccokkong, Kamis (19/12/2019).

"Saya ingin menyebut kampung lacokkong ini sebagai kampung persatuan, lacokkong yang berbudaya," Kata Dia.

Tidak hanya itu, Mantan Kapolres Mamuju ini juga memuji semangat gotong royong yang ditunjukkan warga Laccokkong saat membersihkan sumur tua tersebut.

Untuk diketahui, sumur Laccokong ini merupakan salah satu sumur yang dijadikan sumur kerajaan pada masa raja ke-3 La Saliyu Korampelua yang memerintah kerajaan bone pada tahun 1368-1470 masehi.

Setiap peringatan hari jadi Bone, air dari sumur ini selalu diambil untuk membersihkan benda pusaka kerajaan Bone dalam acara "Mattommpang Arajang".

Agar tetap terjaga, warga setempat, setiap tahunnya rutin melakukan pembersihan di sumur tersebut. Proses pembersihannya sendiri selalu dilakukan oleh ratusan warga. (her/ril).