BKPSDMA Hadirkan Asisten Komisioner KASN di Sinjai, Ini Tujuannya

BONEPOS.COM, SINJAI - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur (BKPSDMA) Kabupaten Sinjai helat Sosialisasi Peraturan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) No.9 Tahun 2019 di Ruang Pola Kantor Bupati Tanassang, Jumat (20/12/2019).

Sosialisasi ini tentang Tata Cara Penilaian Mandiri Sistem Merit dalam Manajemen ASN di Lingkungan Instansi Pemerintah No.30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil.

Kepala BKPSDMA Sinjai, Lukman Mannan yang juga Ketua Panitia Pelaksana menyampaikan, kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara BKPSDMA Kabupaten Sinjai dengan Komisi Aparatur Sipil Negara dan kantor Regional IV Badan Kepegawaian Negara Makassar.

Narasumber yang hadir yaitu, Andi Abubakar yang merupakan Asisten Komisioner KASN Bidang Mediasi dan Perlindungan, Christina Heni Setyawati selaku Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian, serta Kusnaedi selaku Kepala Sub Bagian Kepegawaian KANREG IV BKN Makassar.

Sosialisasi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi mengenai tata cara penilaian Sistem Merit. Gelaran ini berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati, 20-21 Desember 2019.

Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong, yang membuka secara resmi acara sosialisasi ini menyampaikan, salah satu pertimbangan pembentukan UU No. 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara adalah untuk mewujudkan ASN yang profesional, kompeten, dan kompetitif sebagai bagian dari reformasi birokrasi.

ASN sebagai profesi memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan dirinya dan wajib mempertanggungjawabkan kinerjanya sehingga memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

“Selain itu pada Peraturan Pemerintah No.11 tahun 2017 tentang manajemen PNS yang merupakan peraturan pelaksana Undang-undang No.5 tahun 2014, menyatakan bahwa prinsip Sistem Merit dalam manajemen ASN harus dilaksanakan oleh seluruh Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah, Komisi Aparatur Sipil Negara dibentuk antara lain untuk mengawasi penerapan Sistem Merit di Instansi Pemerintah dalam kebijakan dan manajemen ASN," jelasnya.

Wabup Sinjai menambahkan bahwa dengan terselanggaranya Sosialisasi ini, Pemda Sinjai dapat meningkatkan nilai penerapan sistem meritnya dan masuk dalam kategori yang lebih baik.

Dan juga kepada para ASN lingkup Pemkab Sinjai dapat memahami dan menerapkan peraturan tersebut dalam melaksanakan tugas sehari-hari sehingga dapat memperbaiki kinerja, perilaku, dan profesionalitasnya sebagai Aparatur Pemerintah dan mampu memberikan kontribusi positif bagi tercapainya reformasi birokrasi di Kabupaten Sinjai. (ril)