Wow, Angka Pelanggaran Lalu Lintas di Bone Meningkat 100 Persen

BONEPOS.COM, BONE - Jumlah pelanggaran lalu lintas di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan tahun 2019 meningkat hingga 100 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya surat tilang yang dikeluarkan Sat Lantas Polres Bone.

Data yang berhasil dihimpun Bonepos.com dari pembukuan Sat lantas Polres Bone, terhitung mulai bulan Januari hingga 30 November 2019, jumlah penindakan tilang sudah mencapai 6.211, sementara untuk tahun 2018 hanya sebanyak 3.973 penindakan.

Dari jumlah tersebut, pelanggaran masih didominasi oleh pengendara roda dua (sepeda motor). Adapun jenis pelanggarannya yakni pengendara tidak dilengkapi dengan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Kasat Lantas Polres Bone AKP. Muh. Thamrin yang ditemui diruang kerjanya, Kamis (19/12/2019) tak menapik hal itu. Dia mengatakan banyaknya penindakan tilang selama tahun 2019 disebabkan oleh dua faktor.

"Jadi penyebabnya ada 2 faktor, yang pertama tingkat mobilitas polisi dilapangan yang tinggi, kemudian yang paling utama itu adalah tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah," ungkap Muh Thamrin kepada Bonepos.com.

Ketika kedua faktor tersebut bertemu lanjut Dia, polisi dilapangan semakin intens berpatroli, penetiban dan dibarengi dengan tingkat pelanggaran masyarakat maka tentu ada peningkatan. Namun ketika kesadaran masyarakat semakin tinggi tentu angka pelanggaran dapat ditekan.

"Ini berbeda dengan angka lalu lintas yang tahun ini menurun, kenapa menurun karena tingkat patroli anggota dilapangan sangat tinggi sehingga menekan angka kecelakaan," ujarnya.

Guna menekan angka pelanggaran tersebut, lanjut Muh Thamrin, pihaknya intens meberikan edukasi ke masyarakat agar bekendara dilengkapi dengan SIM dan STNK. Selain itu pihaknya juga memberikan pembinaan kepada masyarakat agar bisa lebih patuh dalam berkendara. (her/ril)