BPBD Sinjai Edukasi Anggota Pramuka Kesiapsiagaan Bencana

BONEPOS.COM, SINJAI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai gencar mengedukasi masyarakat pentingnya waspada bencana.

Seperti memberikan pembekalan materi Kebencanaan sebagai upaya Pencegahan dan Kesiapsiagaan dalam hal Penanggulangan Bencana kepada Anggota Pramuka, di Area Lokasi Pantai Bilokkong, Desa Bua, Kecamatan Tellulimpoe, Sabtu (21/12/2019)

Dalam kesempatan itu, Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Sinjai Syamsul Ahmad memberikan materi tentang dasar-dasar kebencanaan. Meliputi definisi, jenis-jenis bencana serta manajemen kebencanaan berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana kepada seluruh peserta.

"Pemahaman tentang Kebencanaan merupakan salah satu upaya meningkatkan kapasitas SDM dalam penanggulangan bencana," ujar Ahmad.

Dengan peningkatan kapasitas SDM, maka akan dapat mengurangi risiko, baik pra, saat terjadi maupun pasca bencana.

"Dengan mengenali bencana maka dapat dilakukan upaya pencegahan dan kesiapsiagaannya. Jadi jelas bukan hanya di kalangan masyarakat atau lembaga saja yang wajib mengetahui kebencanaan, tetapi siswa dan siswi pun yang masih duduk di bangku sekolah melalui organisasinya juga wajib untuk diberikan pengetahuan," tambahnya.

Kegiatan Pelatihan ini diikuti 80 orang peserta yang terdiri dari gabungan beberapa siswa dan siswi yang tergabung dalam Pramuka Cabang Sinjai yang tersebar di beberapa sekolah-sekolah. Selain dari BPBD Sinjai, pemateri lainnya adalah Federasi Panjat Tebing, Relawan-relawan, serta dari beberapa Pengurus Pramuka Kwarda Provinsi Sulawesi Selatan. (ril)